Juknis Penulisan Ijazah SD,SMP, SMA TA 2021-2022

Advertisement

Simpkbgtk.com – Juknis Penulisan Ijazah SD,SMP, SMA Menurut Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Juknis Penulisan Ijazah SD,SMP, SMA

Sesuai Juknis Penulisan Ijazah pada Pasal 7pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang ketentuan tanggal kelulusan SD sampai dengan SMA ditetapkan denga ketentuan sebagai berikut:

Progam Kelulusan SD akan ditetapkan tanggal 15 juni
Progam Kelulusan SMP akan ditetapkan tanggal 4 juni
Progam Kelulusan SMA akan ditetapkan tanggal 3 Mei
Progam Kelulusan SMK akan ditetapkan tanggal 3 Juni

Ketentuan lainnya dan pengumuman ini juga berlaku untuk SILN dan SPK.

Surat Keterangan Lulus harus ditandatangani oleh pejabat yang berwenang atau kepala sekolah dan mncantumkan nilai rata-rat ujian sekolah atau kesetaraan

Selain itu juga mencantumkan tanggal penerbitan paling cepat sehari setelah pengumuman kelulusan paling lambat 31 juli. Tanggalnya sesuai yang ditrbitakan edarana oleh kepala dinas, selanjutnya kepala dinas pendidikan dan kepala satuan pendidikan tidak boleh menahan ijzah kpada pemilik ijazah degan alasan apapun.

Juknis Penggunaan Kertas Untuk Ijazah

Kertas yang digunakan harus brwarna krem, dengan kecerahan 80% opasitas minim 90% dengan ukuran 21 cm x 29,7 cm dengan jenis kertas scurity paper dengan berat 150 gram degan bahan pupl kayu kimia.

Bingkai Blangko harus berbentuk persegi panjang vertikal dengan ukuran lebar 1,5 cm dengan jarak 0,5 cm dengan berbentuk orname dengan kombinasi warna merah, biru, abu-abu.

Latar Belakang Blangko Ijazah.

Latar Belakang Blangko atas dua yaitu tidak kasat mata atau tidak kasat mata dengan latar belakang berupa logo.

Konten Blangko Ijazah

Konten Blangko Ijazah ini berupa lambang negara garuda pancasila, teks kementerian pendidikan dan kebudayan dan ada tulisan teks ijazah yang transparant dan tidak kasat mata jika menggunakan lampu kamera. Dan tulisan teks huruf berupa huruf Arial Black dengan ukuran 14 point untuk semua jenjang pendidikan.

Untuk konten ada penomoran atau nomer seri blangko ijazah yang trdiri dari tujuh digit dengan huruf arial ukuran 14 point tinta warna hitam yang tidak mudah luntur sesuai dengan kode setiap provinsi.

Aplikasi Hologram

Pelu dikteahui bahwa dalam konten ijazah tersebut ada aplikasi hologram sesuai dengan logo kementerian pendidikan dan kebudayaan yag letakya berada di kiri bingkai bagian bawah dengan warna silver.

Nomor dan Kode Ijazah

Nah, untuk penomoran seri ini untuk jenjang pendidikan SD sampai dengan SMA ini mencakup kode penerbitan, jenjang pendidikan, satuan pendidikan, kurikulum dan nomer seri. yang biasanya kodenya diawai dengan huruf DN untuk dalam negeri dan LN unntuk Penerbitan Luar Negeri.

 

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda langsung lihat dan anda download untuk Juknis Penulisan Ijazah ini semoga menjadi pedoman anda dalam penerbitan Ijazah.

Advertisement
Juknis Penulisan Ijazah SD,SMP, SMA TA 2021-2022 | admin | 4.5