Cara Tarik Peserta Didik / Siswa Baru ke Dapodik

Advertisement

Simpkbgtk.com – Ajaran semester baru di lembaga satuan pendidikan dari PAUD Ke jenjang SD, Jenjang SD Ke SMP ataupun SMP ke SMA ini diharapkan para operator dapodik untuk melakukan tarik peserta didik karena tidak secara otomatis siswa sudah masuk di Dapodik. Siswa yang lulus jenjang pendidikan atau tingkat akhir sudah otomatis dikeluarkan oleh sistem sehingga tidak repot-report lagi meluluskannya. Sehingga satuan lembaga pendidikan dalam hal ini mencegah adanya kesalahan yang dilakukan oleh operatod dapodik. Namun, apabila dalam hal ini ada seorang siswa yang dinyatakan tidak lulus atau tinggal kelas maka seorang operator dapodik harus melakukan koordinasi oleh dinas pendidikan dan melakukan pengajaun pembatalan kelulusan peserta didik. Sehingga kelulusan yang secara otomatis ini bisa ditarik datanya ke dapodik jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau berganti jenjang.

Cara Tarik Siswa Baru Ke Dapodik

Banyak operator dapodik yang masih baru belum mengetahui bagaimana cara tarik peserta didik baru atau siswa baru ke dapodik karena secara online dan otomatis tidak langsung masuk di dapodik. Hanya data sinkronisasi hasil terakhir saja yang sudah otomatis ada datanya di dalam dapodik sekolah.

Nah, kami akan sampaikan bagaimana tarik data siswa baru ke dapodik versi terbaru yang bisa anda baca dibawah ini.

Pertama, silahkan anda buka browser chrome atau pencarian lainnya yang didukung dengan koneksi internet yang stabil.

Kedua, Setelah anda sediakan kemudian anda buka url ini https://sp.datadik.kemdikbud.go.id

Ketiga, masuk dengan login menggunakan SSO yang digunakan pada waktu verifikasi akun data operator sekolah

Keempat, Klik login dan masuk dengan username berupa email dan passwordnya dan anda sudah berhasil login di menu

Kelima, setelah anda membuka menu ada tulisan “PD Baru”

Keenam, ada dua pilihan untuk tambah peserta didik baru, bisa dilakukan menggunakan tarik data dapodik atau non dapodik. Untuk yang tarik data dapodik ini data yang diambil dari kementerian pendidikan yang mana siswa baru tersebut sudah ada datanya di Server pusat sehingga kita bisa lakukan penarikan data menggunamakan nama sekolah dan tahun lulus. Sedangkan non dapodik ini untuk fasilitas tambah peserta didik atau siswa baru yang bersumber dari satuan lembaga pendidikan dibawah kementerian agama seperti madrasah.

Sedangkan untuk filter dapodik ini langkah yang cepat karena bersumber dari nama sekolah dan tahun lulus dengan memilih provinsi, kabupaten, kota atau kecamatan, satuan pendidikan

Maka akan tampil seluruh data siswa yang sudah keluar pada tingkat akhir di lembaga satuan pendidikan tersebut dan kita tinggal pilih nama-nama yang akan dimasukkan ke dapodik kita.

Dengan melakukan centang pada sebelah kiri nama peserta didik, dan melakukan pendaftaran pada tombol daftar dan ulangi langkah diatas untuk melakukan penarikan data peserta didik yang baru setelah itu selesai dan anda ulangi lagi di beberapa sekolah yang memiliki banyak siswa yang masuk

Selesai.

Demikianlah informasi terkait dengan cara tarik siswa baru ke dapodik yang saat ini para sahabt operator kerjakan terimakasih.

Advertisement
Cara Tarik Peserta Didik / Siswa Baru ke Dapodik | admin | 4.5