Syarat Pengajuan NUPTK TA 2021-2022

Advertisement

NUPTK bagikan sebuah kartu KTP yang notabene harus dimiliki oleh seorang yang mengajar di lembaga satuan pendidikan. Nomer Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan layaknya nomor Induk Kependudukan yang notabene menjadi salah satu ciri atau tanda pengenal atau identitas diri. Seorang guru meskipun sudah terdata di data pokok pendidikan (dapodik) mereka juha harus melakukan pengajuan NUPTK.

Syarat Pengajuan NUPTK adalah suatu hal yang wajib dipenuhi seorang guru baik PNS maupun Honorer yang akan melakukan pengajuan NUPTK. Karena pengajuan di portal atau verval nuptk hanya dapat dilakukan oleh Seorang Oeprator Dapodik bagi kepala sekolah ataupun tenaga administrasi yang diberikan tanggung jawab untuk mengurus data sekolah.

DAFTAR ISI

Verval NUPTK

Situs pengajuan NUPTK atau disebut dengan Verifikasi data untuk pengajuan NUPTK ini hanya dapat dilakukan oleh operator dapodik dengan menggunakan Username dan Password yang sama dengan saat membuat akun dapodik di PDPSK dengan email sekolah dan password yang digunakan. Adapun verval tersebut beralamt di vervalptk.datkemdikbud.go.id

Syarat Pengajuan NUPTK

Pengajuan NUPTK

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang guru PNS, Honorer maupun tenaga administrasi yang hendak memiliki NUPTK antara lain bisa anda lihat dibawah ini:

Pertama, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument KTP asli
Kedua, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument SK Bupati, Walikota dan Gubernur
Ketiga, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument Ijazah SD
Keempat, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument Ijazah SMP
Kelima, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument Ijazah SMA
Keenam, mereka harus melakukan SCAN dalam bentuk PDF yang berupa Dokument Ijazah S1/ Diploma 4

Setelah itu barulah anda serahkan ke operator dapodik untuk dilakukan unggah berkas dokument diatas untuk pengajuan NUPTK.

Batas Pengajuan NUPTK

Tidak ada batasan pengajuan NUPTK, bagi guru yang sudah terdata di Dapodik meskipun sudah lama terdata di dapodik karena tidak melakukan pengajuan NUPTK bertahun-tahun mereka tidak akan mendapatkan NUPTK. Sehingga jika seorang guru sudah masuk di Dapodik Sekolah akan lebih baik untuk cepat-cepat mengajukan data syarat diatas untuk pengajuan NUPTK. Jika tertola oleh lembaga terkait silahkan untuk ajukan ulang sampai dengan berhasil

Cara Pengajuan NUPTK

Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa yang bisa unggah berkas dokument adalah seorang operator dapodik untuk cara pengajuan NUPTK, sehingga sebagai seorang guru dan tenaga administrasi kita hanya bisa menyediakan beberapa dokument berkas yang nantinya di buat bentuk pdf dengan ukuran dari 2 Mb yang anda ajukan ke operator untuk diunggah di link pengajuan NUPTK.

Saat ini NUPTK sebagai  syarat wajib mengikuti seleksi PPPK, maka bagi para guru honorer yang belum memiliki NUPTK agar segera membuat NUPTK tersebut dengan memenuhi syarat pengajuan NUPTK yang telah kami jelaskan diatas.

Advertisement
Syarat Pengajuan NUPTK TA 2021-2022 | admin | 4.5