Banyak Peluang, Kuota PPPK 1 Juta, Data Guru Honorer yang Tercatat Dapodik dan BKN Hanya 700 ribu

Advertisement

Simpkbgtk.com – Pemerintah berupaya untuk mengentaskan para guru honorer yang sudah mengabdi sejak lama kepada negara. Melalui program Perjanjian Dan kontrak kerja (PPPK), pemerintah akan memberikan gaji yang layak sesuai dengan ke profesionalannya dalam bekerja.

Inilah kesempatan emas para guru honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara ASN) melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang selama ini para guru honorer telah banyak berkorban demi kepentingan negara dalam ujung tombak perkembangan pendidikan di Indonesia.

Perlu diketahui bersama, mereka para guru honorer yang digaji sebulan 300 ribu akan dientaskan dengan kebutugan formasi guru mencapai 1 juta lebih yang harapnnya mereka dapat terpenuhi segala kesejahterannya.

Namun, pemerintah tidak akan membuka pendaftaran CPNS guru untuk tahun depan ini, semua kebutuhan guru di sekolah negeri maupun swasta seluruh Indonesia harus dikonsentrasikan ke PPPK.

Saat ini tercatat di data pokok pendidik (dapodik) bahwa guru yang ada masih kurang yaitu tercatat 700 ribu guru honorer yang ada di Indonesia. Sementara kebutuhan guru sampai tahun 2024 mencapai lebih dari 1,3 juta karena ada beberapa guru yang memang sudah masuk masa pensiun dan mereka tidak lagi mengajar di sekolah.

Untuk formasi 1 juta guru yang direncanakan Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan tahun depan ini tidak hanya diperuntukkan bagi guru honorer yang sudah tercatat di Dapodik ataupun BKN. Namun, dari pada itu para mahasiswa lulusan PPG mandiri yang telah memiliki sertiikat pendidik namun tidak mengajar mereka diberi kesempatan untuk mengikuti program PPPK ini.

Dengan kata lain lulusan mahasiswa dari bidang kependidikan saat ini sudah banyak, mereka tidak ada tepat duduk lagi untuk dapat mengajar di sekolah meskipun kebutuhan guru menurut kemdikbud sangat banyak. hal itu memang yang menjadi problem saat sekolah keterbatasan dana untuk melakukan rekrutment guru secara mandiri.

Program Seleksi Guru Honorer Menjadi ASN Non PNS ini sudah diatur dalam perundang-undangan pada nomer 5 tahun 2014 tentang Aparatu Sipil negara. Dan Kementerian PAN RB merencanakan pengangkatan ASN akan diprioritaskan pada bidang tenaga guru, kesehatan dan tenaga medis.

Tenang saja, bagi yang saat ini masih belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi negeri maupun swasta masih ada kesempatan yang lebar untuk menunggu pengumuman cpns selanjutnya. Semoga kita tetap istiqomah mengerjakan hal yang bermanfaat.

Advertisement
Banyak Peluang, Kuota PPPK 1 Juta, Data Guru Honorer yang Tercatat Dapodik dan BKN Hanya 700 ribu | admin | 4.5