Profesi Guru Menjadi Peluang Besar CPNS 2021, Khususnya Tenaga Honorer

Advertisement

Simpkbgtk.com – Profesi guru menjadi berkurang ketika banyaknya tenaga guru honorer tak kunjungi diangkat Jadi CPNS. Namun, dengan pengabdian guru yang panjang hinga bertahun-tahun lamanya seorang guru akan dikenang sepanjang masa layaknya omar bakrie.

Profesi guru memang kerap kali menjadi cemoohan orang dikala sang murid sudah sukses lebih dahulu menjadi orang terpandang, berpolitik praktis, dan lain sebagainya karena dari situlah banyak lahir generasi penerus bangsa yang tertumpu pada seorang guru.

Peluang manis akan diberikan kepada guru yang telah mengabdikan kepada sekolah selama bertahun tahun dengan membuka formasi secara terbatas seperti yang telah dibicarakan selama ini ke media dari Menpan R Tjahjo Kumolo.

Salah atu formasi yang akan menjadi titik fokus perhatian kali ini adalah Seleksi CPNS Guru yang akan dibuka pengadaannya dengan jumlah yang cukup fantastis dengan jumlah pengadaan 1 juta guru.

Seleksi ini bukan dikhususkan untuk tenaga honorer saja melainkan akan terbuka bagi sarjana pendidikan. Selain guru, menpan RB juga akan membuka lowongan CPNS bagi bidang, perawat dokter dan nakes lainnya yang jumlahnya lebih dari 200 ribuan. Selanjutnya juga akan membuka lowongan bagi penyuluhan pertanian, penyuluh KB, PU dan semuanya haru ada.

Selain pendidikan memang kesehatan juga menjadi prioritas utama yang didukung untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Seperti saat ini bukan hanya sektor kesehatan yang terganggu melainkan juga pendidikan dan sektor keuangan negara juga mengalami pelemahan karena datangnya virus corona.

Apalagi saat ini tahun 2020 tidak akan ada seleksi CPNS karena pemerintah berfokus pada pembangunan birokrasi yang efektif dan efisien yaitu menederhanakan eselon 3, 4 dan 5 menjadi jabatan fungsional.

Untuk tahun 2021 mendatang kemungkinan besar memang fokus CPNSnya hanya terbatas dan menyesuaikan formasi pemerintah dari kementerian yang juga tidak menambah pegawai lagi karena kuotanya sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement
Profesi Guru Menjadi Peluang Besar CPNS 2021, Khususnya Tenaga Honorer | admin | 4.5