Cara Login gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pada Pendaftaran Program PPG Dalam Jabatan 

Advertisement

Pendaftaran Sertifikasi melalui Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan ini sebagai salah satu bentuk peningkatan mutu guru sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas guru kedepannya Seperti Permendikbud nomer 37 Tahun 2017 bahwasanya PPG dalam jabatan diperuntukkan bagi guru yang sudah masuk di dapodik sampai akhir tahun 2015.

Persyaratan PPG Dalam Jabatan 2019

Nah, bagi guru yang belum memiliki sertifikasi ini dapat melakukan pendaftaran calon peserta seleksi kemampuan akademik pada program PPG Dalam jabatan dengan beberapa tutorial sebagai berikut ini sesuai dengan persyaratannya.

1. Guru yang dapat melamar PPG Dalam Jabatan adalah guru yang sudah diangkat sebagai guru tetap diangkat sampai 31 Desember 2015. Bukan dari guru honor sekolah.

2. Guru yang dapat melamar adalah yang sesuai dengan bidang studi mengajar di sekolah atau linier yang sesuai dengan Ijazah Sarjana S1. Dan melakukan pendaftarannya di gtk.belajar.kemdikbud.go.id

3. Validasi dan Verifikasi guru linieritas.
a. Bagi guru yang mendaftar adalah sesuai dengan verifikasi data linieritas dari ijazah yang telah ditempuh semasa kuliah Sarjana Strata Satu
B. Pelamar adalah Guru yang sudah berstatus Tetap Baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun NON PNS perjanjian kerja dari Pemerintah daerah maupun Guru Tetap yayasan.

4. Pelamar PPGJ Adalah guru tetap yang sudah diangkat sebelum tahun 2015 tanggal 31 Desember

5. Guru tersebut sudah memiliki NUPTK dengan berusia paling tinggi 57 tahun.

6. Memiliki Kesehatan yang prima baik jasmani maupun rohani.

7. Bagi pelamar PPG dalam Jabatan yang sudah dinyatakan lolos sesuai dengan verifikasi dan validasinya maka mereka berhak mengikuti Uji Kompetensi Guru Sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan.

Cara Login gtk.belajar.kemdikbud.go.id

1. Silahkan anda buka pendaftaran program PPG dalam jabatan ini di website resminya di gtk.belajar.kemdikbud.go.id

2. Setelah terbuka lamannya silahkan anda login menggunakan Akun SIM PKB masing-masing kemudian silahkan anda mengunggah atau upload hasil scanan yang dipersyaratkan.

3. Login Sim pkb untuk gtk.belajar.kemdikbud.go.id, kalau sudah berhasil silahkan anda mengunggah Ijazah Ali S1 maupun SK dua tahun terakhir ebagai guru tetap.

4. Setelah itu pelamar PPGJ memilih program studi dan nama perguruan tingginya dan menetapkan bidang studi PPG yang linier

5. Pelamar harus selalu membuka hasil verifikasinya karena akan diberikan jadwal melalui akun SIM PKB masing-masing

6. Bagi guru yang sudah lolo validasi dan verifikasi atau dinyatakan diterima silahkan untuk mencetak kartu pesertanya di laman awal yaitu gtk.belajar.kemdikbud.go.id

7. Guru mengikuti pelaksanaan program PPG dalam Jabatan ini pada waktu yang telah ditentukan pada kartu peserta PPGJ

8. Hasil Seleksi akan diumumkan di laman sergur.kemdikbud.go.id

9. Semua proses pelaksanaak verifikasi dan validasi linieritas dan SK akan dilakukan oleh Pihak LPMP dan data guru diberikan kesempatan pada proses sinkron dapodik hingga 14 oktober 2019

Jadwal Seleksi Kemampuan Akademik PPG dalam Jabatan

Berikut jadwal seleksi mulai dari pendaftaran, verifikasi dan validasi linieritas oleh LPMP dan penetapan tempat uji tes LPMP, beserta cetak kartu pelaksanaan tes hingga pelaksanaannya dapat anda lihat pada tabel berikut ini:

NO Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan akademik 2019 oleh Guru 30 sep s/d 23 okt
2 Verifikasi dan Validasi Linieritas bidang studi PPG dengan Ijazah S1 dan SK guru Tetap oleh LPMP  2 okt s/d 29 okt
3 Penetapan TUK oleh LPMP 14 okt s/d 18 okt
4 Penempatan TUK calon Peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 30 okt s/d 4 nov
5 Cetak Kartu Calon Peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 5-9 nov
6 Pelaksanaan seleksi kemampuan akademi di TUK oleh dirjen GTK 11-23 nov

Itulah sedikit informasi terkait dengan Pendaftaran PPG dalam Jabatan Tahun 2019 melalui aplikasi website gtk.belajar.kemdikbud. sesuai dengan linieritas.

Advertisement
Cara Login gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pada Pendaftaran Program PPG Dalam Jabatan  | admin | 4.5
close