Jadwal Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Sekolah SD / MI

Advertisement

Sekolah dasar merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di Indonesia yang paling dasar, para siswa sebelum masuk ke jenjang ini diwajibkan berusia minimal 6-7 tahun dengan perkiraan belajar selama 6 tahun dimulai dari kelas satu sampai dengan kelas 6.

Kelulusan para siswa dan siswi SD dipengaruhi oleh nilai prestasi Ujian Nasional sehingga para orang tua haruslah mendukung anaknya mulai sejak dini untuk mengajari mata pelajaran yang dianggap belum mampu. Melalui buku-buku pendukung ujian nasional yang sudah bereda di Internet.

Dapat anda ketahui bahwasanya soal ujian yang akan diujikan pada tahun ini sudah menggunakan Model HOTS ( High Order Thinking Skills) sehingga para siswa diharapkan untuk giat dalam belajar dan memahami soal-soal yang akan diujikan nantinya.

Berbeda dengan soal yang dikerjakan pada masa ujian sekolah yang dibuat oleh guru kelas masing-masing. Karena memang pada ujian nasional SD ini mereka harus berpikir lebih keras karena mereka akan menghadapi ujian nasional yang dibuat oleh tim dari pusat jakarta.

Jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI

USBN yang khusus diperuntukkan oleh siswa-siswi kelas 6 ini dibuat 80 persen dari pemerintah daerah atau dengan kata lain ada tim yang membuat dari pusat dan diberikan kepada dinas pendidikan daerah kemudian disalurkan ke Sekolah dan untuk 20 persennya seorang guru membuat soal sesuai dengan mata pelajaran yang dibuat. Sebelum dilaksanakan ujian nasional, para siswi harus mengikuti ujian sekolah tersebut yang kemudian setelah ada jeda 2 mingguan para siswa harus mengkuti ujian nasional.

Jadwal Ujian Nasional SD/MI

Sebelum datangnya ujian sekolah pada semester akhir untuk SD, Untuk Siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5. Para siswa kelas 6 terlebih dahulu mengikuti ujian nasional yang akan diadakan sesuai jadwal yang telah ditentukan olek kementerian pendidikan sebagai berikut ini:

No. Jenis UN Hari dan Tanggal Pukul Mata Pelajaran
1. UN Senin, 4  Mei 08.00 – 10.00 Bahasa Indonesia
UN Susulan Senin 11 Mei
2. UN Selasa,5 Mei 08.00 – 10.00 Matematika
UN Susulan Selasa,12  Mei
3. UN Rabu, 6 Mei 08.00 – 10.00 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
 Selasa,13  Mei

Nah, setelah berakhirnya ujian nasional, maka untuk siswa kelas 6 sudah bebas atau free untuk menunggu nilai atau pengumuman hasil un yang telah ditentukan oleh pihak pusat kemudian nilai tersebut akan digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar di jenjang pendidikan selanjutnya.

Jadwal Ujian Sekolah SD/MI

Jadwal ujian sekolah SD/MI yang diperuntukan bagi siswa-siswi dari kelas satu sampai dengan kelas 5 mereka harus mengikuti ujian tersebut untuk semua mata pelajaran yang biasanya dilakukan selama seminggu. Dan mereka akan mengkuti ujian sekolah pada awal bulan juni atau seperti kalender sekolah yang telah disepakati oleh pemerintah pusat yang disalurkan ke pemerintah daerah.

 

Advertisement
Jadwal Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Sekolah SD / MI | admin | 4.5
close