Cara Melaporkan ASN yang Mudik Lebaran, Sesuai Surat Edaran No 8 Tahun 2021 Pembatasan Mobilitas ASN

Advertisement

Simpkbgtk.com – Aparatur Sipil Negara harus menjadi teladan yang baik untuk masyarakat, salah satunya untuk tidak mudik lebaran disaat pemerintah memberlakukan pelarangan mudik dan beperhian ke luar daerah menjelang lebaran idul fitri.

Sudah sewajarnya seorang ASN harus taat aturan dan menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sendiri untuk menekan penyebaran virus COVID 19 selama masa liburan panjang ini. Dan bahkan memintah masyarakat untuk lapot apabila ada ASN yang tetap melanggar ketentuan mudik lebaran ke Kementerian Pendayagunaan Apaaratur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepada Masyaraka yang melihat ada ASN melanggar untuk mudik pada tanggal pengetatan mudik dan larangan mudik dari tanggal 06 sampai dengan 17 Mei ini untuk segera melaporkannya pada website Kemenpan yang beralamat di www.lapor.go.id

Selain itu juga disediakan aplikasi android dan aplikasi iPhone atau bisa juga dengan cara SMS bagi yang melihat ada ASN mudik lebaran dengan cara memberikan informasinya ke

SMS 1708
Mengunduh Aplikasi APP Store iPhone dengan kata Kunci SP4N-Lapor
Mengunduh Aplikasi google playstore dengan kata Kunci SP4N-Lapor
atau bisa langsung ke portal www.lapor.go.id

Selain itu mereka juga akan dimintai nama ASN yang bersangkutan, Instansi, Satuan kerja dan lokasi serta bukti dukungan kalau ada. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran No 8 Tahun 2021 terkait dengan Pembatasan Mobilitas ASN yang berisi tentang pelarangan pergi keluar daerag atau mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021.

Apabila terdapat ASN yang melanggar maka yang bersangkutan akan dikenai hukuman disiplin sesuai dengan no 53 tahun 2012 dalam PP no 49 terkait dengan manajemen Pegawai dengan perjanjian kerja yang berisi.

Tingkat hukuman disiplin terdiri dari hukuman disiplin ringan, sedang dan berat. Yang mana hukuman disiplin ringan berupa teguran lisan tertulis dan pernyataan tidak puas dan untuk hukuman sedang yaitu penundaan kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah. Sedangkan untuk hukuman berat adalah penurunga pangkat, pemindahan dalam rangkan penurunan jabatan, pembebasan jabatan atau pemberhentikan secara tidak hormat sebagi PNS.

Advertisement
Cara Melaporkan ASN yang Mudik Lebaran, Sesuai Surat Edaran No 8 Tahun 2021 Pembatasan Mobilitas ASN | admin | 4.5