20 Contoh Soal dan Jawaban Soal Pedagogik Untuk Seleksi PPPK, SKB CPNS Guru, dan Pretes PPG

Advertisement

Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu dari kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru, mereka yang akan mempersiapkan uji tes kompetensi seleksi pendaftaran PPPK guru, mereka yang akan melaksanakan ujian SKB CPNS guru biasanya dihadapakan dengan beberapa soal pedagogik.

Contoh Soal dan Jawaban Pendagogik sangat dibutuhkan sekali bagi para pendidik yang akan mengikuti seleksi menjadi PPPK atau CPNS. kompetnsi ini sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki yang berkaitan erat dengan penilaian kinerja guru dalam beberapa aspek indikator. Adapun aspek indikatornya adalah sebagai berikut

Pertama, Guru harus menguasai karakteristik peserta didik

Seorang guru harus dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik mulai dari aspek intelektual, sosial, emosional, moral, latar belakang sosial budaya dan aspek fisiknya.

Kedua, Guru harus menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran

Seorang guru harus mampu menerapkan standar kompetensi guru dan harus memiliki metode, stratgei dan teknik dalam pembelajaran sehingga dapat dengan mudah mentransferisasikan keilmuan terhadap peserta didik.

Ketiga, Guru harus menguasai Pengembangan dalam kurikulum

Dalam pengembangan kurikulum seorang guru harus mampu menyusun silabus, rpp, memilih materi dan menusun pembelajaran yang sesuai dengan yang telah direncanakan dalam pengembangan kurikulumnya.

Keempat, guru harus meningkatkan kegiatas pembelajaran yang mendidik

Pembelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan sumber materi belajar, sumber belajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang terpenting harus memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

Contoh soal pedagogik

Berikut beberapa contoh soal pedagogik yang dapat kami sampaikan kepada anda yang saat ini sedang belajar pedagogik untuk mempersiapkan ujian sebagai calon guru.

A: Topik: perkembangan kognitif siswa

1. Yang dimaksud dengan penguasaan kognitif yaitu ….

  1. penguasaan dalam menyelesaikan masalah
  2. penguasaan cara menyampaikan ide
  3. penguasaan diri dalam berinteraksi
  4. penguasaan dalam integrasi diri

2. Perkembangan anak sangat erat kaitannya dengan aspek kognitif. Salah satu hal yang berpengaruh pada aspek kognitif adalah ….

  1. pola pengasuhan anak dan kondisi lingkungannya
  2. kebudayaan di sekitar anak
  3. Inspirasi dari anak
  4. agama yang dianut

3. Salah satu kemampuan siswa pada sisi kognitif adalah kemampuan siswa dalam berfikir dengan logika untuk mengaitkan objek- objek yang konkrit. Kemampuan seperti itu biasanya dimiliki oleh siswa pada usia ….

  1. 7 hingga 11 tahun
  2. 12 hingga 14 tahun
  3. 2 hingga 7 tahun
  4. 0 hingga 2 tahun

4. Pembelajaran matematika yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kelereng, sapu lidi, gambar, atau segala macam benda merupakan cara yang tepat digunakan untuk siswa sesuai dengan perkembangan berfikirnya yang berada pada tahap ….

  1. dapat mengerti tentang angka dan bilangan yang bersifat konkrit atau masih kasat mata.
  2. mulai mengerti tentang apa yang diamati dengan dominasi egosentris
  3. mampu mengindera lingkungan dengan intensif sesuai dengan apa yang dilihatnya (sensomotor)
  4. dapat memainkan logika tanpa menghubungkan dengan benda nyata

B: Topik: perkembangan sosial emosional siswa

5. Aspek yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menjalin hubungan dengan orang lain dan memotivasi diri sangat berkaitan dengan kecerdasan ….

  1. emosi
  2. sosial
  3. moral
  4. kognitif

6. Kecerdasan yang dimiliki oleh siswa yang mampu bekerjasama dengan kelompok belajarnya, mengendalikan diri dalam bergaul dan menempatkan diri di tengah lingkungannya merupakan bagian dari kecerdasan ….

  1. Sosial emosional
  2. moral
  3. spiritual
  4. kognitif

7. Pada suatu kondisi, seorang guru mendapati siswa yang dominan ketika bekerja dalam kelompok, cenderung menang sendiri dan tidak memberi kesempatan bagi teman- temannya untuk berpendapat. Bahkan ketika ada teman yang berbicara, ia cenderung menutup telinga dan ingin menjauh. Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah dalam kecerdasan ….

  1. Sosial emosional
  2. moral
  3. kognitif
  4. spiritual

C. Topik: Perkembangan moral siswa

8. Pada suatu kondisi, ada siswa yang mampu menginternalisai suatu nilai moral sesuai dengan standarnya sendiri. Ia mampu mengambil tindakan moral alternatif, memahami berbagai pilihan dan memutuskan berdasarkan nilai moral yang diyakininya. Kondisi ini menunjukkan moral spiritual siswa tersebut berada pada tahap penalaran ….

  1. pasca konvensional
  2. konvensional
  3. pra konvensional
  4. interkonvensional

9. Tahapan yang menunjukkan dukungan terhadap aturan sosial pada keluarga, lingkungan, masyarakat, dan negara karena menganggap hal tersebut berharga dan bukan karena untuk ketenangan peibadi, merupakan tahapan perkembangan moral ….

  1. pasca konvensional
  2. pra konvensional
  3. interkonvensional
  4. konvensional

D. Topik: Kesulitan belajar siswa

10. Kegiatan informal yang dilakukan berupa rekreasi dengan teman sekelas dan mengikuti ekstrakurikuler merupakan usaha untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam hal ….

  1. membangun hubungan yang baik
  2. menyatakan pendapat
  3. aktualisasi diri
  4. merencanakan tindakan

11. Ketika ada siswa yang kesulitan dalam megikuti suatu pelajaran, sikap yang seharusnya dilakukan oleh guru adalah ….

  1. membantu siswa tersebut
  2. mengulang pelajaran untuk semua siswa
  3. memberikan tugas agar siswa belajar secara mandiri
  4. memberikan buku untuk dipelajari siswa secara mandiri

12. Dalam mengajar, seringkali siswa tampak fokus mendengarkan penjelasan guru. Namun, ketika diberikan pertanyaan ternyata siswa tidak mengerti tentang apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menunjukkan kesulitan belajar yaitu ….

  1. gangguan simbolik
  2. gangguan non simboli
  3. gangguan sosial
  4. kesulitan akademis

13. Tujuan dilakukannya konseling adalah membantu siswa untuk ….

  1. mengatasi kesulitan belajarnya
  2. menyelesaikan masalah pribadinya
  3. menyesuaikan diri dengan lingkungannya
  4. memperoleh informasi

14. Cara terbaik yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa yang dipengaruhi oleh faktor sosial yaitu ….

  1. sosiometri
  2. angket
  3. brainstorming
  4. wawancara

15. Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk menghadapi siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah ….

  1. memberi bantuan belajar siswa tersebut
  2. memindah sista ke bank terdepan
  3. mengulang penjelasan kepada seluruh siswa
  4. memberi tugas siswa untuk membaca buku

16. Seringkali ditemukan siswa yang lebih senang bermain dengan teman- temannya daripada belajar. Lebih banyak waktu yang digunakan siswa tersebut untuk bermain dengan teman daripada belajar. Ketika pembagian hasil tes, ternyata nilai siswa kurang memuaskan. Guru perlu menyadarkan sista tersebut untuk mengatasi kesulitan belajarnya yang disebabkan oleh faktor ….

  1. sosial
  2. keluarga
  3. intelektual
  4. kondisi fisik

E. Topik: Teori Belajar

17. Teori belajar yang menyebutkan bahwa belajar merupakan hubungan antara pemberian stimulus dan respon, semakin sering hubungan keduanya maka hubungan keduanya semakin erat   adalah teori ….

  1. behaviorisme
  2. sibernetik
  3. humanistik
  4. konstruktivisme

18. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan pengumpulan data oleh siswa, pembuatan hipotesis, mencoba dan menemukan keteraturan pola sampai pada generalisasi dan penyusunan rumus hingga ke bentuk umum merupakan implementasi teori belajar ….

  1. konstruktivisme
  2. behaviorisme
  3. humanistik
  4. sibernetik

19. Teori belajar yang memahami perilaku belajar dilihat dari sudut pandang pelaku dan bukan pengamat, yang apabila diimplementasikan di kelas dengan menjadikan guru sebagai fasilitator dan motivator yang menyadarkan makna kehidupan bagi siswa merupakan teori belajar ….

  1. humanistik
  2. konstruktivisme
  3. behaviorisme
  4. nativisme

20. Pada masa pandemi, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini sejalan dengan penerapan teori belajar ….

  1. sibernetik
  2. konstruktivisme
  3. behaviorisme
  4. kognitivisme

Semoga dengan soal dan jawaban soal pedagogik diatas dapat membantu anda dalam mempersiapkan uji kompetensi dalam segala pendaftaran baik itu pendaftaran seleksi PPPK, Seleksi SKB CPNS, maupun saat seleksi pretes PPG dalam jabatan yang notabene kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh seorang guru.

Advertisement
20 Contoh Soal dan Jawaban Soal Pedagogik Untuk Seleksi PPPK, SKB CPNS Guru, dan Pretes PPG | admin | 4.5