Cara Melakukan Konfirmasi Mengikuti PPG dalam Jabatan 2021-2022

Advertisement

Simpkbgtk.com – Pada pengumuman hasil seleksi administrasi PPG dalam jabatan tahun 2021 terdapat beberapa pemberitahuan. Salah satunya adalah peserta yang telah mengetahui penempatan perguruan tinggi dimana akan dilaksanakan PPG dalam jabatan angkatan I, diminta untuk mengkonfirmasi apakah bersedia atau tidak dalam mengikuti PPG dalam jabatan tahun 2021. Konfirmasi dapat dilakukan melalui akun SIMPKB masing- masing guru atau melalui laman ppg.kemdikbud.go.id pada tanggal 15 hingga 19 Maret 2021.

Apabila peserta yang telah terdaftar sebagai mahasiswa angkatan I tidak melakukan konfirmasi untuk menyatakan bersedia mengikuti PPG dalam rentang waktu yang telah ditentukan, maka peserta dianggap tidak bersedia menjadi mahasiswa angkatan I. Namun, peserta dapat ikut dalam penetapan peserta PPG dalam jabatan pada tahap selanjutnya. Dalam melakukan konfirmasi kesediaan pun peserta boleh memilih untuk tidak bersedia jika sedang dalam kondisi tertentu, misalnya sedang hamil, sakit parah, baru saja melahirkan, dan sebagainya.

Keseluruhan proses pada PPG dalam jabatan tahun 2021 akan dilakukan secara online atau daring. Peserta yang belum terdaftar sebagai calon mahasiswa angkatan I dapat menunggu pemberitahuan selanjutnya.

Cara Melakukan Konfirmasi PPG

Cara melakukan konfirmasi  mengikuti PPG dalam jabatan tahun 2021 dapat dilakukan dengan langkah- langkah sebagai berikut:

  1.  Silahkan anda membuka portal resmi PPG yang beralamat di http://ppg.simpkb.id/ atau https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.
  2. Kemudian anda Isikan kolom username dan password sesuai dengan akun SIMPKB kemudian klik Masuk.
  3. Apabila Anda telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, pada halaman selanjutnya akan ada notifikasi “Anda dinyatakan lulus tes akademik calon PPG dalam jabatan”. Anda dapat mengklik tombol selengkapnya, kemudian cetak formulir A1.
  4. Klik Unduh berkas dan cetak form A1. Kemudian mintakan tanda tangan Kepala Sekolah dan cap basah untuk mengesahkan formulir tersebut.
  5. Berikan tanda centang pada pernyataan “Dengan ini menyatakan bersedia / tidak bersedia mengikuti PPG dalam jabatan tahun 2021 sesuai dengan penempatan, jadwal, atau aturan yang ditentukan oleh pemerintah”.
  6. Klik Bersedia. Kemudian akan muncul notifikasi “Anda yakin bersedia mengikuti PPG dalam jabatan tahun 2021?” Anda dapat meneruskan dengan klik YA.
  7. Sebagai tambahan informasi.

Jika Anda memilih untuk tidak bersedia, Anda dapat mengecek jadwal konfirmasi kesediaan berikutnya (kalau kuotanya masih ada). Apabila kuota tidak tersedia, maka Anda tidak dapat melanjutkan proses berikutnya.

Peserta yang termasuk dalam daftar peserta cadangan dapat melanjutkan proses berikutnya apabila ada peserta utama yang mengundurkan diri. Urutan untuk masuk sebagai peserta utama sesuai dengan ketersediaan kuota.

Advertisement
Cara Melakukan Konfirmasi Mengikuti PPG dalam Jabatan 2021-2022 | admin | 4.5