Tidak Bisa Login Info GTK? Ini Solusinya

Advertisement

Info GTK merupakan informasi yang berisi tetang validasi data guru. Fungsi dari info GTK adalah untuk membantu guru dengan menampilkan data sekolah. Apabila ada kesalahan data, bisa dilakukan perbaikan melalui aplikasi dapodik sekolah. Setiap guru yang terdaftar dalam dapodik dapat membuka info GTK untuk melihat data yang diinput pada dapodik sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau belum.

Bagi guru yang telah bersertifikasi, membuka info GTK adalah salah satu hal yang penting. Pasalnya pada info GTK terdapat validasi tunjangan profesi. Jadi apabila ada data yang belum valid, Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) belum dapat diterbitkan. Guru yang telah bersertifikasi sebaiknya rajin memantau info GTK untuk memastikan datanya valid dan SKTP terbit. Hal ini juga berlaku untuk pembayaran tunjangan lain, seperti tunjangan daerah terpencil.

Pada tahun- tahun sebelumnya info GTK dapat dibuka atau login dengan menggunakan email yang terdaftar di dapodik dan password yang telah ditentukan. Tahun 2020 lalu, ada ketentuan baru yaitu email guru harus diverifikasi di situs dapodikdasmen untuk dapat membuka info GTK.

Meski telah diverifikasi, ada beberapa guru yang tetap tidak bisa membuka info GTK. Kemungkinan masalahnya adalah email yang digunakan untuk verifikasi akun di situs dapodikdasmen saat online tidak sama dengan email yang diinputkan dalam dapodik. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan penyamaan email dapodik dengan email yang diinput pada ptk.dapodik.kemdikbud.go.id.

Langkah- langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi dapodik terbaru
  2. Login menggunakan akun guru (dengan email yang terdaftar pada dapodik).
  3. Klik menu GTK, pilih nama guru yang bersangkutan, kemudian klik “ubah” di bagian atas.
  4. Ubah email yang terdapat pada formulir GTK di dapodik tersebut sesuai dengan email yang terdaftar dalam dapodikdasmen pada laman ptk.dapodik.kemdikbud.go.id.

Demikian cara mengubah email dan menyamakannya email pada dapodik dengan email pada situs dapodikdasmen. Dengan cara tersebut, Anda dapat membuka kembali akun GTK.

Advertisement
Tidak Bisa Login Info GTK? Ini Solusinya | admin | 4.5