Hasil Sidang Panja Komisi X DPR RI Tentang Pengangkatan GTK Honorer Menjadi ASN

Advertisement

Simpkbgtk.com – Pada hari selasa, 9 Maret 2021 Komisi X DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panitia Kerja Pengangkatan GTK Honorer Menjadi ASN. Rapat tersebut juga dihadiri oleh pakar hukum tata negara, pakar pemerintahan, dan pakar administrasi negara. Adapun agenda dalam rapat tersebut yaitu pembahasan kajian pengangkatan GTK honorer menjadi ASN dipandang dari aspek ketatanegaraan dan pemerintahan. Selain itu juga membahas saran, pandangan, dan masukan pakar untuk perbaikan pengelolaan pengangkatan GTK honorer menjadi ASN.

Dalam rapat yang diselenggarakan oleh komisi X DPR tersebut, ada beberapa narasumber yang hadir dan menyampaikan paparan, saran, dan masukan mengenai pengangkatan GTK honorer menjadi ASN. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Anna Erliana, SH., MH.
  2. Dr. Dian Puji N. Simatupang, SH., MH.
  3. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin.
  4. Dr. Fifiana Wisnaeni SH., M.Hum.
  5. Dr. Kismartini, M.Si.

Berdasarkan paparan dari beberapa narasumber tersebut, Panitia Kerja Pengangkatan GTK Honorer menjadi ASN (Panja PGTKH-ASN) Komisi X DPR RI menyampaikan pandangannya sebagai berikut:

  1. Pemahaman Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI sama dengan yang disampaikan oleh narasumber. GTK honorer berperan strategis dalam sistem pendidikan nasional dan dalam pembangunan SDM di Indonesia.
  1. Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI akan mendorong pemerintah untuk melakukan penyempurnaan aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penataan GTK honorer. Aturan tersebut meliputi proses pengangkatan, pemberian gaji, penghargaan, hingga jaminan sosial dan kesejahteraannya.
  1. Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI akan mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk menyampaikan data rincian kebutuhan GTK berdasarkan jenis, jenjang, dan jalur secara daerah maupun nasional.
  1. Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI akan mendesak pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan mengenai penyelesaian GTK honorer dan agar dapat melaksanakan peraturan perundang- undangan secara konsisten, khususnya dalam hal pengangkatan GTK honorer.
  1. Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI akan mendorong pemerintah untuk menjelaskan sistem penganggaran bagi PNS dan PPPK. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat tidak memiliki penafsiran yang berbeda mengenai anggaran bagi PNS dan PPPK.

Selanjutnya Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RImeminta para pakar menuliskan penjelasan tertulis tentang GTK honorer kategori dan non kategori. Khususnya posisi strategis bagi tenaga kependidikan hingga pengangkatan dan penghargaannya.

Substansi dari para narasumber nantinya akan menjadi rujukan bagi Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI untuk memberikan susunan rekomendasi bagi pemerintah.

Advertisement
Hasil Sidang Panja Komisi X DPR RI Tentang Pengangkatan GTK Honorer Menjadi ASN | admin | 4.5