Angka Kredit Diklat fungsional Guru Dalam Kenaikan Pangkat

Advertisement

Diklat fungsional Guru yang dapat mendapatkan angka kredit untuk kenaikan pangkat. Tidak serta merta sertifikat diklat tersebut diterima oleh BKN, ada juga kisah menarik seorang guru yang sertifikat diklat fungsionalnya di tolak oleh BKN. Apalagi pendidikan dan pelatihan fungsional yang tentu saja bertujuan dalam menambah pengetahuan, ketrampilan serta wawasan seorang guru.

Guru dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan yang telah diselenggarakan oleh instansi yang berwenang atas izin dari kepala sekolah maupun madrasah atau dari atasan lembaga terkait. Juga dapat mengajukan lansung atas kehendak sendiri namun tetap berupaya untuk mendapat izin atasan.

Kriteria Diklat fungsional Guru Dalam Kenaikan Pangkat

Nah, muncul pertanyaan terkait dengan kriteria apa yang digunakan pada Diklat Fungsional Guru untuk Kenaikan Pangkat.

Kriteria Pertama, Yang diakui dalam pengembangan keprofesian guru berkelanjutan SIM PKB, Bahwa diklat guru yang diakui adalah berupa pelatihan, penataran, kursus yang diselenggarakan oleh Kemdikbu, pemda, LPMP, Dan Badan Diktar daerah yang telah mendapat izin operasiona minimal rentang waktu selama 30 jam.

Namun, ketika banyak guru saat pandemi ini webinar diselenggarakan dengan menggunakan zoom atau media online dengan brosur yang tertera ketika mendapatkan sertifkat akan mendapatkan angka kredit sebanyak 32 JP atau 36 JP, Nah, pertanyaannya disini ketika ada yang menyelenggarakan diklat fungsional guru apakan mereka sudah izin operasional ke kemdikbud, atau pemda.

Kriteria Kedua, Penyelenggarakan Diklat DFungsional Guru diselenggarakan dengan melampirkan bukti fisik yang berupa

Fotokopi Surat Tugas Dari Kepala Sekolah maupun Madrasah atau atas sebagai izin untuk mengikuti pengembangan diri yang berupa pendidikan dan pelatihan.

Laporan Hasil Pelatihan dari guru yang mengikuti pengembangan diri secara penuh.

Berapa Besaran Angka Kredit Diklat fungsional Guru?

Nah, untuk besaran Angka Kredit Diklat fungsional Guru berbeda beda tergantung dari jam efektif pelaksanaan diklat untuk kepala sekolah atau madrasah dan biasanya untuk 30 s/d 80 jam hanya mendapatkan satu angka kredit dan perolehan dari 1-15 angka kredit sesuai dengan Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 yang bisa anda lihat pada tabel berikutL

KegiatanKodeAngkaKredit
1.1.a lebih dari 960 jam1915
1.1.b antara 641 s.d. 960209
1.1.c antara 481 s.d. 640216
1.1.d antara 181 s.d. 480223
1.1.e antara 81 s.d. 180232
1.1.f antara 30 s.d. 80241

Tabel Unsur Angka Kredit Diklat Fungsional Guru

 

Unsur: PPGP/Angka Kredit Guru
Subunsur PPGPKegiatan
AMelaksanakanPengembangan Diri1. Mengikuti diklat fungsional
2. Melaksanakan kegiatan kolektif guru
BPublikasi IlmiahMembuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya yang dapat berupa hasil penelitian, tinjauan ilmiah, buku, modul, dan sejenisnya.
CKarya Inovatif1. Menemukan teknologi tetap guna
2. Menemukan/menciptakan karya seni
3. Membuat/memodifikasi alat pelajaran
4. Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

Advertisement
Angka Kredit Diklat fungsional Guru Dalam Kenaikan Pangkat | admin | 4.5