Materi dan Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Advertisement

Simpkbgtk.com- Mulai tahun 2021, pemerintah telah resmi meniadakan Ujian Nasional. Sebagai gantinya pemerintah akan mengadakan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM). AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN). Tujuan pelaksanaan AKM adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi dasar siswa mengenai literasi membaca dan numerasi.

Para pendidik diharapkan dapat memahami tentang Konsep Asesmen Nasional. Mulai dari teknis pelaksanaannya, hingga materi AKM yang terdiri dari kompetensi literasi membaca dan numerasi. Setelah dilaksanakannya AKM, tahap selanjutnya adalah pelaporan hasis asesmen diikuti tindak lanjut laporan hasil AKM.

Materi Tindak Lanjut AKM

Materi pokok mengenai tindak lanjut laporan hasil AKM meliputi:

  1. Identifikasi tingkat penguasaan kompetensi yang terdiri dari 4 kategori.
  2. Menjelaskan perbedaan antara pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi.
  3. Menganalisis setiap kategori penguasaan kompetensi untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran.
  4. Memberikan rekomendasi strategi pembelajaran berdasarkan pada laporan hasil AKM.
  5. Contoh strategi pembelajaran berbasis kompetensi pada mata pelajaran.
  6. Kurikulum, Asesmen, dan Pembelajaran (Segitiga Belajar).

Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Pendidik dapat mengukur pemahaman mengenai penguasaan topik AKM setelah mempelajari konsep asesmen nasional secara menyeluruh. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman tersebut diberikan kuis mengenai konsep  asesmen nasional. Kuis diberikan dalam bentuk pernyataan yang berkaitan dengan laporan dan rekomendasi hasil Asesmen Nasional.

Setiap pernyataan dapat diberikan jawaban benar atau salah. Apabila pada kahir kuis secara akumulatif hasilnya belum maksimal maka pendidik diberikan kesempatan mempelajari materi sebelumnya. Selanjutnya kuis dapat diulang kembali.

Contoh Kuis Konsep Asesmen Nasional

Ada beberapa contoh pernyataan mengenai kuis konsep asesmen nasional. Setiap pernyataan memiliki dua pilihan jawaban (benar dan salah). Berikut ini contoh pernyataan dilengkapi dengan jawaban yang sesuai dengan konsep asesmen nasional.

1.Asesmen Nasional memiliki konsekuensi terhadap kelulusan siswa.

Salah.

 2. Asesmen Nasional menggantikan Ujian Nasional karena sama- sama merupakan asesmen berskala nasional yang dibutuhkan siswa untuk menentukan kelulusan.

Salah.

3. Asesmen Nasional lebih tertuju pada penguasaan kompetensi siswa sedangkan Ujian Nasional tertuju pada penguasaan konten pembelajaran.

Benar.

4. Asesmen Nasional menekankan aspek kognitif dengan melihat asesmen kompetensi yang terdiri dari literasi membaca dan numerasi.

Salah.

5. Asesmen Nasional memakai metode sensus, Ujian Nasional memakai metode survei.

Salah.

6. Persiapan menghadapi Asesmen Nasional dilakukan dengan mengubah strategi pembelajaran literasi dan membaca sehingga dapat meningkatkan penalaran dalam berbagai mata pelajaran.

Benar.

7. Siswa tidak akan semangat belajar dengan ditiadakannya UN karena tidak ada motivasi untuk mencapai nilai tertinggi.

Salah.

8. Asesmen Nasional dilakukan untuk mengevaluasi sistem pendidikan bukan hasil belajar siswa.

Benar.

9. Pembelajaran yang mengedepankan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa dalam menguasai konsep, keterampilan, dan konten yang diharapkan pada setiap mata pelajaran.

Benar.

10. Pembelajaran berbasis kompetensi bertujuan untuk membuat siswa mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan, dan pengetahuan sebagai konsep pembelajaran.

Benar.

11. Pembelajaran berbasis kompetensi menantang para pendidik untuk mengidentifikasi kemampuan dasar siswa termasuk literasi dan numerasi.

Benar.

12. Pembelajaran berbasis kompetensi kekuatannya terletak pada materi yang disediakan.

Salah.

13. Tujuan pembelajaran berbasis kompetensi adalah seluruh siswa dapat mencapai level mahir dalam waktu yang sama.

Salah.

14. Pembelajaran berbasis kompetensi berfokus pada pemahaman konsep dan penerapan keterampilan sedangkan pembelajaran berbasis konten berfokus pada cakupan materi.

Benar.

15. Kompetensi berarti kemampuan melakukan kinerja dengan baik. Contohnya melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.

Benar.

16. Fokus pembelajaran berbasis kompetensi adalah pada nilai.

Salah.

17. Asesmen Nasional berbeda dengan Ujian Nasional dilihat dari tujuan, manfaat, dan teknis pelaksanaannya sehingga tidak pas jika dikatakan sebagai pengganti UN.

Benar.

18. Asesmen Nasional bertujuan untuk mengukur kompetensi dasar yang diperlukan siswa dalam menghadapi masalah dalam kehidupannya.

Benar.

19. Laporan hasil AKM menginformasikan tingkat kompetensi siswa pada kompetensi literasi membaca dan numerasi.

Benar.

20. Laporan hasil AKM dapat digunakan para pendidik untuk memperbaiki strategi pembelajaran sesuai dengan tingkat kompetensi aktual.

Benar.

Advertisement
Materi dan Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM | admin | 4.5