Pendaftaran KIP Kuliah UTBK SBMPTN

Advertisement

Simpkbgtk.com – Pendaftaran KIP Kuliah UTBK SBMPTN telah dibuka oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akun kartu Indonesia Pintar Kuliah, pemerintah masih membukanya tertanggal 8 Februari sampai dengan 31 oktober.

Apa itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah akan diberikan kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan hingga akhir masa studi, selain itu juga ada bidik misi bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan yang tidak mampu.

KIP kuliah ini akan memberikan dampak yang baik dalam keberlangsungan pendidikan dengan memberikan bantuan biaya hidup tiap bulannya sekaligus pemberian biaya kuliah bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan.

Setelah seorang calon siswa mendaftar akun sejanjtunya mereka melanjutkan pendaftaran KIP kuliah dengan memilih jalur masuk perguruan tinggi baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

Manfaat Kartu Peserta KIP Kuliah

Keuntungan calon mahasiswa memiliki kartu peserta kuliah adalah sebagai berikut:

Pemilik Kartu Peserta KIP Kuliah akan mendapatkan pembebasan pembayaran pendidikan ke perguruan tinggi

Pemilik Kartu Peserta KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan hidup atau biaya bulanan seperti kos dan lainnya berdasarkan indek harga atau besara biaya yang berbeda di tiap wilayah.

Pemberian Kartu Peserta KIP Kuliah

Ada jangka waktu pemberian manfaat bagi yang memiliki Kartu Peserta KIP Kuliah. Adapun bagi Sarjana dan diploma empat akan mendapat biaya maksimal 8 semseter, diploma tiga enam semster dan untuk lainnya sesuai dengan batas waktu kuliah. Apabila seorang mahasiswa melebih dari 8 semester maka mereka harus membayar uang kuliah sendiri.

Syarat Mendapatkan Kartu Peserta KIP Kuliah

Nah, bagi yang ingin mendapatkan biaya hidup dan bebas biaya kuliah silahkan anda melakukan pendaftaran untu mendapatkan Kartu Peserta KIP Kuliah dengan melengkapi syarat sebagai berikut:

1. Kartu Peserta KIP Kuliah hanya didapat oleh Siswa lulusan dari Sekolah Menengah atas, dan Sekolah Menengah atau sederajad.

2. Kartu Peserta KIP Kuliah janya akan didapatkan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu alias memiliki keterbatasan ekonomu dan memiliki potensi akademik yang bagus.

3. Penerimaan biaya hidup dan tanggungan bebas biaya studi hanya diberikan kepada pemilik Kartu Peserta KIP Kuliah yang lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru baik itu jalur SNMPTN, SBMTPN dan jalur mandiri baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

4. Keterbatasan ekonomi ini dibuktikan dengan dokumen atau hal lain seperti

a. Berasal dari keluarga tidak mampu dalam Program Keluarga Harapan (PKH)
b. Bagi pemilik bantuan pendidikan nasional dari SD hingga SMA memiliki kartu indonesia pintar (KIP)
c. Mahasiswa dari panti asuhan
d. Calon mahasiswa yang memegang kartu keluarga sejahtera
e. Calon mahasiswa yang termasuk dalam 4 kategori termasuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

Bagi yang hendak mendaftar SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri hendaknya mereka melakukan pendaftaran KIP Kuliah terlebih dahulu bagi calon mahasiswa yang keterbatasan ekonomi dengan melakukan pendaftaran melalu kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Atau juga bisa mendownload melalui aplikasi playstore dengan kata kunci KIP kuliah Mobile Apps yang berbasis android

Kemudian setelah itu masukkan NIK<, NISN, NPSN dan alamat email yang masih aktif selanjutnya sistem akan melakukan validasi atas data yang telah dimasukkan tadi.

Jika data sudah divalidasi oleh sistem dan berhasil maka sistem akan mengirim sebuah email ke email aktif anda yang berupa nomer pendaftaran dan kode akses.

Selanjutnya bagi yang sudah mendapat nome kode akses dan nomer pendaftaran silahkan anda menyelesaikan proses pendaftaran di sistem dengan nomor pendaftaran dan kode akses dan memilih proses seleksi SNMPTN, SBMPTN atau jalur mandiri,

Bagi yang telah diterima di Perguran tinggi silahkan melakukan tahap verifikasi lanjutnya sebagai calon penerima KIP Kuliah.

sumber kompas.com

Advertisement
Pendaftaran KIP Kuliah UTBK SBMPTN | admin | 4.5