Cara mengecek NISN secara online

Advertisement

Simpkbgtk.com – NISN merupakan sebuah kode yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yang terdiri dari 10 nomor unik sebagai pengenal identitas seorang siswa yang berlaku sepanjang masa.

Kode Unik tersebut berlaku untuk jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA yang mulai terdaftar pada refrensi kemdikbud.

Kode unik ini juga berfungsi sebagai identitas pembeda antara siswa satu dengan yang lain, baik yang sekolah di Indonesia maupun di luar negeri. Nah bagaimana cara mengecek NISN secara online, simak dibawah ini cara untuk pengecekkannya.

Cara mengecek NISN secara online

cara cek nisn

Pertama, silahkan anda mengeceknya sesuai portal di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Kedua, kemudian silahkan anda masukkan kode nomer unik NISN dan lengkapi Nama Ibu Kandungnya.

Ketiga, Silahkan anda lengkapi dengan kode captcanya kemudian langsung klik cari data.

Keempat, selesai dan anda akan menemukan nama lengkap,

Cara diatas digunakan untuk memantau apakah siswa masih aktif belajar sesuai dengan NISN saat duduk dibangku sekolah dasar atau Pendidikan Usia Dini yang telah diajukan oleh Operator Sekolah masing-masing.

NISN sendiri merupakan sebuah program data pokok pendidikan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan yang dikelola oleh pusat data dan statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDPSK).

Manfaat NISN Bagi SISWA

NISN ini memiliki manfaat untuk beberapa hal yaitu digunakan untuk

Pertama, Digunakan untuk Penerimaan Raport Hasil Belajar
Kedua, Digunakan untuk mengikuti ujian nasional
Ketiga, Digunakan untuk pendaftaran ke jenjang pendidikan yang setingkat lebih tinggi
Keempat, Digunakan untuk Mengikuti Seleksi SNMPTN
Kelima, Digunakan untuk Mendapatkan kartu Indonesia Pintar
Keenam, Digunakan untuk mendapatkan bantuan BIDIK MISI.

Tanya Jawab Seputar NISN

1. Apa Kriteria NISN yang Valid?

NISN dapat valid jika memenuhi standard kevalidtan, seperti nomor kode harus unik dan tunggal, NISN tertera atas nama sendiri dan dapat ditemukan diportal nisn.data.kemdikbud.go.id selanjutnya NISN telah terdaftar pada program seperti UN dan BOS.

2. Apakah NISN Tiap Jenjang Berbeda?

Tidak, NISN hanya diberikan satu kali oleh operator sekolah dan aktif ketika belajar pada jenjang pendidikan mulai dari SD sampai dengan SMA. Dan NISN jumlahnya tetap 10

3. Kenapa siswa memiliki 2 NISN

Iya, bisa memiliki 2 NISN ganda, karena memang satuan lembaga pendidikan belum memutasikan data yang lama sehingga mengakibatkan pengajuan data baru dan sebaiknya siswa harus lapor ke operator sekolah untuk menghapus data NISN

4. Mengapa data NISN tidak ditemukan di Laman Kemendikbud?

Iya, bisa terjadi kesalahan. Karena memang manusia tidak luput dari kesalahan baik itu karena dokumen kependudukan yang berbeda mulai dari nama ijazah yang berbeda sampai dengan tempat tanggal lahir yang berbeda juga.

5. Bagaimana Cara memperbaiki data NISN jika salah?

Jika ada kesalahan pada data NISN setelah kamu cek di link yang tertaut silahkan anda melaporkan ke operator dapodik sekolah. Untuk dilakukan perbaikan di vervalPD

6. Cara Mengatasi Kartu NISN Jika Rusak?

Apabila rusak dan kartu NISN hilan silahkan anda untuk laporkan ke operator sekolah untuk menerbitkan penggantian kartu yang baru.

Advertisement
Cara mengecek NISN secara online | admin | 4.5