VERVAL NISN

Advertisement

Setiap siswa wajib memiliki NISN, NISN ini diberikan oleh pihak sekolah yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasi setiap individu atau sebagai pembeda layaknya sebuah nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP. Nah, selanjutnya akan kita bahas terkait NISN ini.

Apa Itu NISN?

Nomer Induk Siswa Nasional atau sering disebut dengan NISN merupakan salah satu bukti identitas seorang siswa secara nasional yang bersifat unik. Pihak sekolah akan memberikan NISN kepada setiap siswa di seluruh sekolah yang ada di Indonesia yang berlaku sepanjang menjadi peserta didik mulai dari Pendidikan Usia Dini (PAUD) sampai dengan Pendidikan Menengah Atas (SMA).

NISN ini sudah teraftar di sistem pengelolaan NISN yang a merupakan bagian dari Pusat data dan statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDPSK). NISN ini juga digunakan sebagai pembeda antara siswa yang bersekolah di Luar Negeri dengan siswa yang di Indonesia.

Apa Tujuan NISN?

NISN diberikan kepada siswa untuk mendukung sistem data pada kementerian pendidikan dan kebudayaan yang berfungsi sebagai alat identifikasi setiap peserta didik di seluruh sekolah di Indonesia, dan NISN ini berguna sekali dalam sistem pendudukan dalam perencanaan program pendidikan dan pengelolaannya yang baik.

Bagaimana Cara buat NISN?

Yang dapat membuat NISN ini adalah operator dapodik yang ada di sekolah seluruh Indonesia dengan tahap dan langkah-langkah sebagaimana berikut:

Pertama, silahkan anda masuk ke menu verval yang ada di vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan masuklah menggunakan username dan password PDPSK.

SSO data Kemdikbud

Kedua, setelah anda masuk ke dashboard verval peserta didik kemudina anda lihat dimenu atasnya ada tulisan “Belum Memiliki NISN” Dan anda bisa melihat hasilnya disana ada Mutasi Siswa yang ada dibawahnya

Buat NISN

Ketiga, Setelah anda klik mutasi maka akan ada pop up pilih sekolah mutasi dengan memilih sekolah asalah yang berisi tentang. Pilih Provinsi dan kabupatenya kemduian anda pilih sekolah dan terakhir anda pilih ssiwa , jika tidak ditemukan silahkan anda konfirmasikan ke pihak yang berwenang untuk diterbitakn NISN nya.

Buat Akun NISN

LUPA NISN

lupa NISN

Banyak siswa yang lupa NISN mereka, maka kemdikbud membuat sebuah pencarian NISN yang dipergunakan untuk para siswa yang lupa akan NISN.

Pertama, silahkan anda ke prtal resmi NISN yang beralamat di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama

Kedua, silahkan anda masukkan nama siswa

Ketiga, Silahkan masukkan tempat lahir

Keempat, Silahkan masukkan Tanggal Lahir

Kelima, silahkan masukkan nama ibu kandung

Keenam, silahkan centang iam not robot dan setelah itu cari datanya.

Cara cek NISN

cara cek nisn

Bagi yang akan mencari data NISN anda bisa langsung ke menu nisn.data.kemdikbud.go.id

Kemudian anda masukkan nama ibu kandung

centang kode captcanya dan cari datanya.

Cara Verval NISN

Verval NISN
Lalu untuk Bagaimana Cara Verval NISN? yang nantinyanya digunakan setelah lulus sekolah. Nah, untuk cara verval NISN seorang Peserta didik harus melakukan validasi dan verifikasi secara mandiri dengan langkah-langkah sebagaimana berikut ini:

Pertama, Silahkan anda masuk ke laman portal http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/ untuk verval NISN yang harus dilakukan

Kedua, Silahkan anda isi kolom yang sudah disediakan mulai dari NISN, NIK, Nama, Tempat tanggal lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung, Email, Tahun Ajaran Lulus dan Lulusan Sekolah Mana

Untuk Ijazah silahkan anda SCAN terlebih dahulu dengan format pdf, jpeg, png dengan ukuran maksimal 1 MB

Ketiga, silahkan anda ajukan untuk verifikasi dan validasi NISN Peserta Didik.

Itulah Informasi penting terkait dengan Verval NISN, Bagi yang belum ada silahkan anda buat NISN, bagi yang lupa silahkan anda lupa NISN atau bisa cetak Kartu NISN,  bagi yang ingin lihat data silahkan anda cek NISN yang anda miliki.

 

Advertisement
VERVAL NISN | admin | 4.5