Materi Seleksi PPPK TA 2021-2022

Advertisement

Simpkbgtk.com- Materi Seleksi PPPK ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang mempunyai perbedaan yang sangat signifikan, mulai dari peruntukkan, pendaftaran, peraturan, hingga sampai dengan seleksi ujian yang meniadakan Kompetensi Dasar pada ujian CPNS.

Selain peraturan yang dipersyaratkan bagi guru honorer mulai dari usia 18 tahun sampai dengan 60 tahun Materi Seleksi PPPKpun berdasarkan atas seleksi kompetensi Bidang yang dimiliki para guru.

Materi Seleksi PPPK

Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh Calon PPPK adalah beberapa kompetensi yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultual. Nah, simpkbgtk.com akan membahas satu persatu terkait dengan beberapa komptensi yang harus dimiliki oleh seorang PPPK sebagaimana brikut:

A. Kompetensi Teknis Seleksi PPPK

Dalam kaitannya dengan PPPK bahwa yang harus dimiliki oleh seorang PPPK adalah sebauh sikap yang diamati, diukur dan dikembangkan secara spsifik sesuai dengan bidangnya yang secara teknis sesuai dengan pengetahuan dan ketampilannya.

B. Kompetensi Manajerial Seleksi PPPK

Dalam hal memanage dan mengatur sebuah kelas atau pengkodisian kelas harus diketahui dan disikapi secara terukur dan terarah. Manajemen kelas dibutuhkan dalam menyelenggarakan kelas yang kondusif dan terarah. Setiap PPPK harus memiliki jiwa kepemimpinan dalam mengelola setiap kegiatan baik dalam kelas maupun dunia kerja atau dalam organisasi sekalipun. Ada 8 Kompetensi yang harus dimiliki seorang PPPK antara lain adalah sebagai berikut:

1. Intrgritas

Memiliki prilaku yang jujur dalam hubungan rekan kerja, bawahan langsung dan pemangku kepentingan.

2. Kerjasama

Memiliki kemampuan dalam menjali hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dan mengoptimalakan segala sumber daya

3. Komunikasi

Memiliki kemampuan dalam menyampaikan pandangan ayaupun gagasan secara lisan yang sistematis dan logis. Dapat mendengarkan secara aktif dan efektif serta memiliki persuasi atau membujuk orang lain dalam mencapai tujuan organisasi.

4. Orientasi Pada Hasil

memiliki kkomitment dan tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikantugas sehingga dapat bertanggung jawab dalam identifikasi dan meminimalisir resiko

5. Pelayanan Publik

Dapat melaksanakan dan memberikan pelayanan publik secara profsional, transparan dan mengikuti pelayanan yang objektif, netral dan tidak diskriminatif.

6. Pengembangan diri.

Dapat meningkatkan pengtahuan dan menyempurnakan ktrampilan diri sehingga dapat menginspirasi orang lain

7. Mengelola Perubahan

Memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri trhadap situasi dan perubahan.

8. Pengambilan Keputusan

Kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kemampuan dalam mengambil keputusan dengan keyakinan dan kehati-hatian secara sistematis dan seksama.

C. Komptensi Sosial Kultural

Selain itu seorang calon pppk harus memiliki pengetahuan dan perilau dalam pengalaman berinteraksi dengan masyarakat dalam hal suku, agama, budaya, prilaku dan lainnya sehingga menjadi perekat bangsa. Mereka harus memiliki sikap tolerasni terhadap perbedaan yang terjadi di masyarakat, membangsun dan menciptakan sosial psikologis di tengah masyarakat yang majemuk sehingga mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat.

Demikian bebrapa hal terkait Materi Seleksi PPPK yang dapat kami sampaikan semoga dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi PPPK

Advertisement
Materi Seleksi PPPK TA 2021-2022 | admin | 4.5