Perbedaan Aplikasi Google Meet dan Zoom Untuk Sekolah dan Kuliah Online

Advertisement

simpkbgtk.com – Aplikasi pertemuan online yang saat ini digunakan untuk belajar di rumah, kuliah maupun webinar atau pertemuan rapat kerja online lainnya selama pandemi virus corona ternyata memiliki beberapa perbedaan

Salah satu contoh aplikasi belajar online tersebut adalah google meet dan Zoom yang mana kedua aplikasi ini banyak digunakan saat pertemuan online karena memang didukung dengan jaringan pulsa data yang murah. Adapun perbedaan kedua aplikasi tersebut terletak pada fiturnya, berikut beberapa fiturnya:

Pada Google Meet sendiri bahwasannya seperti yang sudah kami rilis kemarin tentang penambahan fitur efek dan filter juga terdapat fitur baru yang dapat anda gunakan saat melakukan presentasi filter tersebut didukung pada efek animasi, lantas apa kelebihan dan kelemahan perbandingan meet dan zoom, berikut perbandingannya:

Perbandingaan Google Meet dan Zoom Meeting

1. Kapasitas Google meet and Zoom

Dibandingkan dengan zoom, google meet dapat membuat jadwal video pertemuan secara gratis dengan waktu yang cukup lama dengan partisipan mencapai 100 orang dengan durasi 60 menit untuk versi gratisnya

Sementara untuk zoom sendiri diberikan batas waktu selama 40 menit dengan 100 undangan untuk pemilik akun free basic.

2. Perekam Video

Selanjutnya zoom lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi google meet pada fitur perekaman video atau fitur recors yang memungkinkan pembuat jadwal pertemuan atau host pertemuan.

Selanjutnya untuk pengguna gratis bisa membagikan link download rekaman setelah pertemuan selesai. Selanjutnya pembuat jadwal bisa unggah rekaman ke canvas studio dan membagikan rekamannya kepada partisipan pertemuan.

3. Pemakaian Kuota Zoom dan Google Meet.

Aplikasi keduanya menyajikan layanan pertemuan secara online dengan kualitas video yang berbeda-beda. Untuk perbandingan kuota data yang digunakan antara kuota zoom dan Meet menunjukkan bahwa pemakaian kuota internetnya lebih tinggi zoom daripada google meet.

Karena memang zoom ini menyajikan video dengan kualitas HD profesional perusahaan dan edukasi dengan resolusi 720p. Sedangkan pada video yang digunakan google meet menggunakan standar kualitas cideo standar 320p

Apakah Google Meet dan Zoom terbatas Pada Waktu?

Tidak ada batasa layanan gratis zoom dan meet. Untuk Google Meet ini layanan gratis panggilan 24 jam dengan kapasitas peserta rapat 100 orang tanpa batas waktu, sedangkan untuk aplikasi zoom ini kebijakannya berubah dan memeberikan layanan panggilan gratis tanpa batas waktu 25 jam untuk dua orang saja. Dan kebijakan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Advertisement
Perbedaan Aplikasi Google Meet dan Zoom Untuk Sekolah dan Kuliah Online | admin | 4.5