Apakah Baja Ringan Dapat Menghantarkan Arus Listrik?

Advertisement

Seperti yang kita tahu bersama, akhir-akhir ini ada seorang korban jiwa akibat baja ringan yang teraliri listik. pekerja tersebut bernama Muhamma Jupri yang saat itu sedang memasang baja ringan di Masji Darun Najah, Desa Jurug, Kec Sooko, Ponorogo Jawa Timur

Sebelumnya juga ramai di media sosial seorang bocah yang tersengat aliran listrik yang menyalur ke baja ringan yang kondisinya meninggal dunia Akibat tersengat listrik. Sementeara itu warganet mencoba menanyakan

Apakah Baja Ringan dapat Menghantarkan Arus Listrik?

Karena ada himbaun untuk semua orang yang menggunakan baja ringan untuk memperhatikan rangkain listrik yang terpasang, dan pastikan kabel yang terpasang benar-benar terbungkung paralon karena bisa jadi kabel terkelupas dan menyebabkan seorang anak dan pekerja tersebut meninggal akibat hantaran arus listrik ini.

Sesuai dengan pernyataan dari seorang ahli dosen pendidikan elektron universitas negeri yogyakarta, bahawa baja ringan dapat menghantarkan arus listrik, akibat adanya kegagalan isolasi maka kabel yang terkeluoas bisa jadi menghantarkan arus litrik ke baja ringan hingga akhirnya menghnatarkan arus listrik. Dan jika kita pegang baja ringan yang teraliri listrik maka tubuh kita juga akan turu teraliri listrik.

Bagaimana Cara Pencegahan Aliran Listrik di Baja Ringan?

Nah, bagi yang sudah terlanjur menggunakan baja ringan untuk penyanga rumahnya tindakan paling sederhana agar tidak terjadi kebocoran listrik ata instalasi harus dilakukan sesuai dengan standar dan pemeliharaan rutin selain itu untuk tindakan pencegahan silahkan memasang pengaman untuk mencegah kebocoran arus listrik.

Alat pengaman yang murah dan simpel yaitu dengan memasang ELCB atau earth Leakage Circuit Breaker yang mana alat ini berfungsi sebagai alat proteksi dari sengatan listrik pada saat ada korsletting listrik, yang mana jika ada seseorang yang tersengat listrik di rumah melalui baja ringan maka listrik di rumah langsung padam dan orang tersebut hanya kaget.

Baja Ringan Adalah Logam

Baja ringan akhir -akhir ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk peyangga atap genting rumah, logam ini bersifat menghantarkan listrik, sehingga untuk pencegahan instalasi listrik maka langkah yang aman adalah instalasi listrik kabel yang ada di rumah lebih baik di masukkan dalam sebuah paralon, jika kabel terkelupas karena gigitan tikus atau hewan perengat lainnya bisa diminimalisir dengan memasukkannya dalam paralon sehingga tidak menimbulkan korsletting.

Semoga dengan solusi diatas, bapak dan ibu rumah tangga yang sudah terlanjur menggunakan baja ringan bisa lebih terkondisikan dengan mengalirkan kabel dengan menggunakan paralon selain itu bisa menggunakan komponon listrik yang berupa elcb tersebut.

Advertisement
Apakah Baja Ringan Dapat Menghantarkan Arus Listrik? | admin | 4.5