Aplikasi DHGTK Online Kemdikbud 2020-2021

Advertisement

Aplikasi DHGTK merupakan salah sattu aplikasi yang dimutakhirkan kepada para guru untuk absensi kehadiran guru di sekolah, sehingga agar pusat atau kementerian pendidikan dan kebudayaan mengetahui guru tersebut berkecimpung dan benar-benar hadir mereka diwajibkan untuk absensi kehadiran secara online. Namun, pada kenyataannya yang mengabsensi kehadiran dan diberikan tanggung jawab penuh oleh kepala sekolah kebanyakan dari operator dapodik. Aplikasi DHGTK yang menjadi pusat perhatian bagi rekan rekan guru ini digadang-gadang akan menjadi validasi untuk pencairan surat keterangan tunjanga profesi. Untuk itu kami selaku pengisi absensi kehadiran yang ditunjuk oleh sekolah akan memberikan sedikit panduan Absen DHGTK ONline.

Panduan Absen DHGTK Online Kemdikbud sebenarnya bukan tanggung jawab operator dapodik melainkan adalah tanggung jawab bersama satu sekolah sehingga siapapun dari mereka harus absensi secara tertib dan benar namun dalam kenyataannya kepsek menunjuk operator dapodik untuk mengisi absensi para guru. Dan kami berpesan kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk memaklumi sekolah-sekolah yang ada di daerah 3T atau pada kategori khususnya yang belum ada sinyal internet untuk dimaklumi agar diberikan keluasan agar bisa absensi online. Nah, mereka yang berada di daerah yang ada sinyal internet bisa digalakkan program absensi kehadiran online yang semestinya dilakukan oleh para guru dan sebenarnya absensi kehadiran ini bisa juga disinkronisasi dengan alat finger print sehingga data yang masuk akan langsung ke pusat.

Selain tanggung jawab kehadiran absensi online ini, kepala sekolah juga memiliki tanggung jawab pada DHGTK ini untuk mencetak SPTJM dan juga mengunci absensi kehadiran per bulan ataupun per triwulan sekali.

Untuk lebih lengkapnya ada dapat membacanya di Cara Login DHGTK Kepala Sekolah dan Cetak SPTJM.

Nah, apabila seorang kepala sekolah yang belum mengetahui username dan passwod dapat meminta langsung kepada operator sekolah dan apabila operator dapodik belum tahu cara buat akun kepsek silahkan anda simak website ini kembali karena akan ada update beberapa artikel mengenai buat akun kepsek di dapodik untuk login DHGTK.

Absensi kehadiran online ini sangat diperhatikan oleh banyak operator sekolah terlihat dari sulitnya akses ke DHGTK sehingga website loginnya sering maintenance atau menyebabkan permasalahan saat login, dan kadang ketika sudah login di website tampilannya blank under maintenance sehingga rekan-rekan operator ini harus mencari link alternatif untuk membuka server DHGTK setiap bulannya.

Login Aplikasi Absen Online DHGTK

Bagi yang mengalami kesulitan dalam mengakseslayanan Absensi Online kehadiran guru DHGTK (Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) dapat menuju pada alamat sebagai berikut ini:
1. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id dan apabila situs yang kami sebutkan ini masih susah untuk akses ada beberapa miroringnya dengan membuka beberapa login dengan

Baca juga 7 link DHGTK 2018, Solusi Membuka Absen Online Kemdikbud

  1. http://223.27.144.195:2017/
  2.  http://223.27.144.195:7000/
  3. http://223.27.144.195:414/
  4. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  5. http://223.27.144.195:212/
  6. http://118.98.166.188/

Nah, Setelah anda dapat membuka website diatas anda langsung ketikkan userida dan password sesuai dengan dapodik untuk pengisiannya dan jangan lupa untuk mengisi angka dan pencet tombol login.

Kemudian akan diarahkan ke halaman homepage atau beranda dan akan terlihat semua profile skolah, kalender sekolah dan beberapa data pengguna. Upayakan sebelum mengisinya anda silahkan refresh terlebih dahulu dengan menggunakan F5.

Sebelum melajutkan kelangkan selanjutnya usahakan jaringan bagus dan pilhan waktunya tepat karena jika banyak yang akses maka akan ada tulisan under maintenace. Untuk mengantisipasi bahwasannya anda tidak terkendala pada jaringan setelahnya anda dapat membuat kalender sekolah dan letakkan pada menu data sekolah dibawahnya anda akan dapat mengedit tanggal berapa saja yang menjadi hari libur biasanya belum ada hari libur di sub menu kalender sekolah anda yang membuat kalender sendiri.

Setelah membuat kalender sekolah langkah selanjutnya adalah membuat daftar hadir sesuai dengan semester saat ini dan bulan saat ini. Apabila bulan ini adalah bulan april maka anda buat bulan april dan isikan beberapa guru yang masuk pada bulan april dan beri tanda bagi guru yang izin tidak masuk sekolah jika guru tersebut sudah diisi kehadirannya atau setelah dicontreng semua lalu simpan dan refresh halaman tersebut.

Nah, begitulah hal yang dilakukan oleh operator sekolah atau orang yang diberikan tanggungjawab kepala sekolah untuk melakukan absensi kehadiran guru ecara online dan itulah sdikit deskripsi mengenai Cara Mengisi Absensi Kehadiran Guru Online DHGTK

Advertisement
Aplikasi DHGTK Online Kemdikbud 2020-2021 | admin | 4.5