Cara daftar SIM PKB Guru TA 2021-2022

Advertisement

Simpkbgtk.com – Untuk dapat mengikuti sejumlah program pembelajaran dan pengembangan keprofesian guru, menerima bantuna BSU, melakukan pendaftaran ppg dalam jabatan dan lain sebagainya, diharapkan memiliki akun login sim pkb.

Cara Daftar SIM PKB guru adalah anda sudah terdata di aplikasi dapodik diawal, memiliki NUPTK dan memiliki nomor peserta UKG yang nantinya digunakan untuk melakuakn registrasi akun.

Cara Daftar SIM PKB guru

Nah, simpkb gtk akan memberikan sedikit ulasan singkat bagaimana cara melakukan pendaftarannya.

Pertama, silahkan anda akses ke portal layanan program GTK kemdikbud yang beralamat di gtk.belajar.kemdikbud.go.id

buat akun sim pkb
Kedua, silahkan anda klik registrasi akun GTK dan masuk ke registrasinya dengan melengkapi Nomor Peserta UKG dan tanggal lahir anda, centang kalau anda bukan seorang robot kemudian anda tekan tombol “Register”

Mendaftar Akun Simpkb

Ketiga, setelah itu akan muncul sebuah popup atau notifikasi yang melayang bahwa anda berhak melakukan pencetakkan akun pengembangan keprofesian atau bisa disimpan dalam bentuk pdf yang berisi surel simpkb.

Cetak dan Setujui Akun SIm PKB

Jika anda sudah mengaktifkan akun ini, maka anda tidak dapat melakukan cetak ulang secara mandiri, apabila anda lupa passwprd anda bisa melakukan rest password kepada admin Dinas Pendidikan untuk reset dan silahkan anda klik “setuju dan Cetak”

Keempat, jika komputer anda tidak tersambung dengan printer, maka layanan tersebut akan diarahkan ke klik tombol destinasion “save as PDF” dan anda simpan dengan tombol warna biru dengan klik “save”

Username SIM PKB

Pencarian Nomor UKG Guru

Apabila memang anda belum memiliki nomor UKG guru maka belum dapat memiliki akun Sim PKB. Berikut syarat bagi guru yang memiliki nomor UKG, bahwasanya guru tersebut sudah terdata di dapodik dan aktif mengajar, silahkan anda hubungi operator dapodik untuk sinkronisasi akun sim pkb. Berikut cara cari gtk pencarian nomor ukg guru

 

Pertama, silahkan anda masuk ke portal sim pkb yang beralamat di gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Pencarian Nomer  Peserta UKG Guru

Kedua, kemudian anda mencarinya dengan melengkapi pengisian nama lengkap atau identitas diri, nama provinsi, nama kota dan silahkan anda klik tombol cari GTK.

pencarian GTK simpkb

Ketiga, silahkan anda pindah mouse ke bawah untuk melihat hasil pencariannya, dan silahkan anda liat nomo ukgnya yang nantinya digunakan untuk registrasi seperti tahapan-tahapan diatas. Anda bisa lihat yang saya berikan garis kotak tersebut adalah nomor peserta UKG  dan nomor NUPTKnya.

Hasil Pencarian No Peserta UKG

Melengkapi data diri SIM PKB Untuk Banpem S1, Kelengkapan Berkas PPG

Biodata Diri PPG

Kemudian anda harus melengkapi data diri untuk mendapatkan pengajuan Bantuan Beasiswa S1 atau untuk melengkapi Berkas persyaratan lolos administrasi PPG dengan cara login sim pkb.

Anda harus menyiapkan beberapa berkas seperti SCANAN dokument yang diperlukan untuk persyaratan baik itu SCAN KTP, Ijazah, NPWP dan lain sebagainya.

Semoga dengan informasi singkat ini dapat menambah wawasan kepada anda dalam melakukan Cara daftar SIM PKB Guru bagi GTK yang belum memilikinya karena banyak lulusan dari sarjana pendidikan yang sat ini notabene belum masuk di data pokok pendidikan sekolah (DAPODIK) apalagi mereka masih berstatus honorer sekolah.

Advertisement
Cara daftar SIM PKB Guru TA 2021-2022 | admin | 4.5