Contoh Soal AKM literasi Teks informasi kelas 9 SMP dan 10 SMA/SMK

Advertisement

Contoh Soal AKM literasi teks informasi SMP dan SMA untuk kelas 9 dan 10 yang akan dilaksanakan sesuai dengan juknis Asessmen Kompetensi Minimun yang salah satu materinya adalah literasi teks informasi sebagaimana yang diinformasikan pada implikasi pembelajaran.

Contoh Soal AKM literasi teks informasi SMP dan SMA

Kami selaku simpkbgt.com akan memberikan sebuah contoh soal AKM literasi teks informasi kelas 9 SMP dan 10 SMA/SMK yang kami ambil dari pusemenjar yang bisa dijadikan sebagai contoh pembuatan soal terkait dengan literasi teksi informasi untuk pengembangan soal dan mempermudah guru, dan peserta didik.

Semoga dengan contoh soal akm ini, anda bisa menemukan semangat membuat soal atau memberikan informasi pada level pembelajarannya.

I. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran V (Kelas 9 SMP & 10 SMA/SMK) Menemukan Informasi

a. Mengakses dan Mencari Informasi Dalam Teks

1. Pilihan Ganda Kompleks (Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Baca wacana ini dengan cermat!
Voluntourism dan Sektor Pariwisata yang Menyerap Banyak Tenaga Kerja
Kementerian Pariwisata RI menetapkan 2019 sebagai tahun sumber daya manusia (SDM). Karena itu, penguatan SDM pelaku pariwisata terus diperkuat. Langkah ini dilakukan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia. Pariwisata memberikan kontribusi penting bagi pendapatan negara, yaitu sebagai penyumbang devisa kedua terbesar setelah sektor minyak dan gas (migas). Dengan kata lain, pariwisata tidak sekadar membantu menciptakan peluang kerja, tetapi juga berperan dalam menekan angka pengangguran di tanah air dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Meningkatnya jumlah wisatawan asing dan lokal di Indonesia, ternyata, membawa dampak lain selain ekonomi. Selain menikmati kegiatan berwisata dan membeli oleh-oleh, wisatawan dapat memberikan manfaat bagi destinasi yang dikunjungi. Apakah kamu pernah mendengar istilah voluntourism? Voluntourism merupakan gabungan dari dua kata, yaitu volunteer dan tourism, yang mengandung makna melakukan kegiatan pariwisata sambil menjadi sukarelawan. Menurut pengamatan sebuah biro perjalanan, rata-rata turis asing membawa keluarga dan sahabatnya untuk menikmati voluntourism untuk waktu yang lama, yaitu dua minggu hingga sebulan. Pemilik biro tersebut mengatakan bahwa beberapa kliennya dari luar negeri jadi ketagihan dan selalu datang kembali hampir tiap tahun.
Selama berwisata, para turis dapat melakukan kegiatan sukarela yang bermacam-macam, seperti mengajar bahasa Inggris atau bahasa asing, mengajar baca-tulis-hitung, dan mengajak anak-anak penduduk lokal membuat karya seni lewat beragam cara. Para turis tersebut juga diajak menginap di rumah-rumah penduduk. Sebagian besar turis sangat senang berkegiatan layaknya penduduk lokal. Mereka belajar untuk berempati, menerima keberagaman, menghormati alam, dan menghargai budaya lokal.
Berdasarkan wacana tersebut, apa manfaat voluntourism bagi penduduk di tempat destinasi wisata? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Kemampuan penduduk untuk baca-tulis-hitung meningkat.
B. Sikap saling menghargai keberagaman menjadi lebih baik.
C. Penduduk lokal dapat belajar bahasa Inggris atau asing.
D. Turis asing bisa menikah dengan penduduk lokal.
Jawab : A, B dan C
2. Pilihan Ganda Kompleks (Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Baca dengan saksama wacana berikut ini!
Bantu Ibunya Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Unik
Kasih sayang seorang Ibu kepada anak tidak akan ada habisnya. Seorang anak pun dapat mengungkapkan kasih sayang kepada ibunya dengan membantunya. Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang anak yang membantu ibunya berjualan dengan cara unik.
Agung Budi Wibowo adalah pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah. Ibu dari Agung Budi Wibowo sudah cukup lama berjualan telur dadar mini. Sang ibu, Praptining Utami, memiliki gangguan penglihatan sehingga tak bisa berjualan dengan cekatan. Agung akhirnya berusaha mencari ide agar dapat membantu ibunya berjualan.
Karena pernah bersekolah di SMK jurusan teknik kendaraan, Agung memiliki ide untuk menciptakan robot pembuat telur dadar mini. Ia kemudian belajar dari tayangan Youtube tentang cara membuat robot. Pemuda ini mempelajarinya seorang diri dengan tekun.
Modal yang dikeluarkan Agung dalam membuat robot itu sebesar Rp1,5 juta. Agung membuat robot tersebut dengan bahan baku dari lingkungan sekitarnya, yaitu dari beberapa suku cadang motor, suku cadang pompa air, dan alat pengatur untuk menjalankan robot itu. Bahan baku tersebut dirangkai dan dirakit sehingga tercipta sebuah robot yang dinamai Egg Filling Robot.
Setelah Agung membuatkan Egg Filling Robot, ibunya mengaku sangat terbantu dalam berjualan. Pekerjaannya yang sebelumnya sulit karena terkendala masalah penglihatan, sekarang menjadi mudah. Omzet penjualannya sekarang naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, banyak anak-anak yang membeli telur dadar mini tersebut karena sangat antusias melihat aksi robot yang mengisi adonan telur.
Mana pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut? Klik pada kolom Benar jika pernyataan sesuai dan pada kolom Salah jika pernyataan tidak sesuai.
A. Egg filling robot didesain atas dasar kasih sayang sesama.
B. Inovasi yang dilakukan Agung membuahkan hasil yang sangat bermanfaat.
C. Omzet penjualan industri rumahan menanjak setelah ada alat bantu robot.
D. Aplikasi Youtube memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin belajar.
E. Pemasukan dari penjualan telur dadar mini naik berkali lipat setelah ada robot.
Jawab : A-Benar; B-Benar; C-Salah; D-Salah; E-Benar

b. Mencari dan memilih informasi yang relevan

1. Pilihan Ganda (Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Perhatikan grafik berikut!
Apakah diagram besaran subsidi listrik tahun 2011–2017 sudah dapat menunjukkan keadaan konsumen subsidi listrik berdaya 900 VA?
A. Sudah, karena terdapat besaran angka pada setiap batangnya.
B. Sudah, karena terdapat dua grafik batang yang saling menjelaskan.
C. Belum, karena tidak terdapat penanda pemilah pengguna 900 VA.
D. Belum, karena grafiknya berbentuk batang, tanpa penjelasan persentase.
Jawab : C

II. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran V (Kelas 9 SMP & 10 SMA/SMK) Memahami

a. Memahami Teks Secara Literal

1. Pilihan Ganda Kompleks (Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Perhatikan gambar dan baca wacana dengan saksama!
Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Singkong
Sampah plastik menjadi masalah besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih tidak terkelola. Berbagai alternatif ditawarkan, salah satunya biodegradable plastic atau bioplastik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) menawarkan inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan limbah plastik tersebut.
Inovasi LIPI tersebut adalah bioplastik yang dikembangkan dengan menggunakan bahan dari tapioka atau singkong. Peneliti LPTB LIPI, Hanif Dawam Abdullah, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengembangkan bioplastik sebagai alternatif untuk menggantikan plastik biasa. Bioplastik tersebut berbasis pati yang mudah diurai mikroba alami dengan cepat dan berpeluang menjadi solusi limbah plastik saat ini. Material dasar yang berasal dari singkong mudah didapatkan dan relatif murah. Bioplastik ini sudah dijual bebas baik secara daring maupun luring (online dan offline) oleh berbagai produsen.
Sejauh ini, penggunaan plastik paling banyak adalah untuk kemasan makanan, yaitu sekitar 60 persen. Plastik sendiri tersusun dari polimer-polimer yang memiliki berat lebih ringan daripada air sehingga benda tersebut sangat mudah mengambang di air. Ketika menjadi sampah, plastik tidak mudah terurai. Dibutuhkan waktu lebih dari 3000 tahun sampai sampah plastik dapat terurai. Hal tersebut tentu saja dapat mencemari lingkungan. Bahaya lain dari sampah plastik adalah ketika terpecah menjadi butiran-butiran kecil. Pecahan plastik ini tidak dapat secara langsung terurai oleh bakteri dan dapat masuk ke dalam tubuh hewan. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan pengganti plastik yang lebih ramah terhadap lingkungan, salah satunya bioplastik.
Manakah gagasan yang sesuai dengan teks dan gambar tersebut? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Cara mengatasi sampah plastik.
B. Sampah plastik dan penanganannya.
C. Alternatif pengolahan sampah plastik.
C. Sampah plastik yang selalu bertambah.
D. Inovasi teknologi untuk mengurangi sampah plastik.
Jawab : A, C dan E

b. Menyusun Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi Baik Teks Tunggal Maupun Teks Jamak

1. Uraian (Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Perhatikan infografik berikut dengan saksama!
Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa jika destinasi pariwisata dikembangkan dengan baik, devisa atau pendapatan negara akan meningkat? Berikan alasan dalam jawabanmu!
Jawaban yang mungkin: Setuju, karena pada 2019 terdapat peningkatan PDB dan devisa negara dibandingkan dengan tahun 2014. Dengan demikian, apabila industri pariwisata dikembangkan dengan baik, devisa akan makin meningkat di masa depan.
2. Pilihan Ganda Kompleks (Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Mengolah Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
Limbah yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik termasuk ke dalam kategori limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun). Namun, banyak limbah yang dibuang begitu saja ke sistem perairan tanpa adanya proses pengolahan. Pada dasarnya, prinsip pengolahan limbah adalah upaya untuk memisahkan zat pencemar dari cairan atau padatan. Walaupun volumenya kecil, konsentrasi zat pencemar yang telah dipisahkan itu sangat tinggi. Selama ini, zat pencemar terkonsentrat yang sudah dipisahkan tersebut belum tertangani dengan baik sehingga terjadi akumulasi bahan berbahaya yang setiap saat mengancam kesehatan manusia dan keselamatan lingkungan hidup.
Ternyata, limbah B3 juga terkandung pada beberapa barang sehari-hari yang sering kita gunakan. Contohnya adalah batu baterai bekas, aki kendaraan, hairspray, pestisida, pembersih lantai, detergen, dan obat nyamuk. Karena ada di mana-mana, limbah B3 perlu dikelola dengan cara yang benar.
Upaya pengolahan limbah B3 dapat dilakukan melalui tahapan sebagai berikut.
Reduksi limbah dilakukan dengan mengoptimalkan penyimpanan bahan baku dalam proses kegiatan atau house keeping, substitusi bahan, modifikasi proses, maupun upaya reduksi lainnya.
Kegiatan pengemasan dilakukan dengan penyimbolan dan pelabelan yang menunjukkan karakteristik dan jenis limbah B3 berdasarkan acuan Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Nomor: Kep-05/Bapedal/09/1995.
Pengemasan limbah B3 dilakukan sesuai dengan karakteristik limbah yang bersangkutan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa kemasan limbah B3 harus dalam kondisi yang baik, bebas dari karat dan kebocoran, serta dibuat dari bahan yang tidak bereaksi dengan limbah yang disimpan di dalamnya. Untuk limbah yang mudah meledak, kemasan harus dibuat rangkap, yang kemasan bagian dalamnya harus dapat menahan zat agar tidak bergerak dan mampu menahan kenaikan tekanan dari dalam atau luar kemasan. Limbah yang bersifat self-reactive dan peroksida organik juga memiliki persyaratan khusus dalam pengemasannya. Kemasan limbah jenis tersebut harus harus memiliki bantalan yang dibuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan tidak mengalami penguraian atau dekomposisi saat berhubungan dengan limbah. Jumlah yang dikemas pun terbatas, yaitu sebesar maksimum 50 kg per kemasan. Sementara itu, limbah yang memiliki aktivitas rendah biasanya dapat dikemas hingga 400 kg per kemasan.
Kamu ingin membuang sampah di rumah dengan memisahkan sampah menjadi dua kelompok: kelompok sampah B3 dan kelompok sampah yang tidak mengandung B3. Kelompokkanlah sampah berikut sesuai dengan jenis limbahnya!
A. Daun pembungkus lontong
B. Sabun pembersih lantai
C. Obat nyamuk
D. Potongan sayuran
E. Kardus mi goreng
F. Detergen
Jawab : A-tidak mengandung B3; B-mengandung B3; C-mengandung B3; D-tidak mengandung B3; E-tidak mengandung B3; F-mengandung B3

III. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran V (Kelas 9 SMP & 10 SMA/SMK) Mengevaluasi dan Merefleksi

a. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

1. Uraian (Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).
Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung ketika melihat krisis air bersih di sekolah, mereka bereksperimen membuat alat penjernih air sederhana. Air di sekolah yang bersumber dari air sumur resapan tersebut berwarna kuning, keruh, serta berbau besi sehingga tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudu dan buang air.
Guru pembimbing kelompok siswa itu, Amalia Sholihah, menangkap keprihatinan mereka, kemudian mengajak mereka mencari solusi dengan melakukan riset mandiri. “Ketika membuat ini, anak-anak sempat stres karena tidak terbiasa. Biasanya, kan, berupa resep. Kalau ini harus menggali dan mencari tahu sendiri, tetapi begitu lihat hasilnya, mereka sangat berbahagia,” tutur Amalia yang merupakan guru IPA.
Dari hasil penelitian tersebut, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya terjangkau, tetapi efektif untuk menjernihkan air, yaitu ziolit yang berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa.
Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar dan tidak mengalami penyumbatan.
Tidak hanya efektif, harga bahan-bahan tersebut pun terjangkau sehingga terbeli oleh siswa. Harga tiap bahan tersebut berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. “Kalau kita lihat di internet, harga filter itu dua juta. Tidak mungkin terbeli oleh anak-anak saya yang berasal dari keluarga menengah ke bawah,” ungkap Amalia.
Selain dapat dirasakan langsung manfaatnya, hasil pembelajaran STEM siswa SMP Negeri 23 Bandung ini juga sering diikutkan pada ekspos karya pelajar, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Tidak puas hanya sampai di sini, Amalia ingin para siswa dapat mengemas penjernih air dalam wadah menarik sehingga memiliki nilai ekonomis. “Lumayan untuk pemasukan sehingga bisa membantu ekonomi keluarga mereka,” harap Amalia.
Jika air di rumah kalian mengalami hal yang sama, apakah kalian juga akan membuat alat penjernih air sederhana? Jelaskan alasanmu.
Jawab : Ya, karena bahan-bahan pembuat penyaring itu murah dan alat penyaring mudah dibuat.
2. Uraian (Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekomian Indonesia sangat besar manfaatnya. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.
Nah Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha UMKM. UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat terlebih di kota besar. Walaupun demikian, tetap tergantung bagaimana Anda memasarkannya dan berinovasi.
Berdasarkan teks, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Apakah pernyataan itu dapat dikatakan akurat? Jelaskan pendapatmu!
Jawab : Tidak akurat karena usaha kuliner bisa saja tidak laris jika tidak dikemas dengan kreatif dan inovatif. Jika terlalu banyak orang yang berbisnis kuliner, persaingan makin ketat sehingga perlu cara lain untuk membuat makanan tersebut laris. Selain itu, terdapat bisnis lain yang juga berpotensi laris, yaitu yang berhubungan dengan kebutuhan mendasar, seperti pakaian dan peralatan rumah tangga.

b. Menilai Format Penyajian Dalam Teks

1. Uraian (Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Perhatikan grafik berikut.
Misalnya, pada tahun 2019, subsidi pengguna listrik mengalami kenaikan dan sebagian besar dialokasikan untuk pengguna 450 VA dibandingkan dengan pengguna 900 VA. Apakah hal itu menjadi indikator bahwa penduduk kelas menengah ke bawah di Indonesia mengalami kenaikan? Jelaskan alasanmu.
Jawab : Benar, karena pengguna listrik 450 VA sebagian besar adalah kelas menengah ke bawah.

c. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

1. Uraian (Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya).
Kenali Pusing yang Bisa Jadi Gejala Stroke
Stroke adalah sindrom yang terdiri dari tanda atau gejala hilangnya fungsi sistem saraf pusat yang bisa berkembang cepat, yakni dalam hitungan detik atau menit. Gejala stroke pada seseorang bisa berbeda-beda. Gejala yang muncul tersebut sangat bergantung pada bagian otak yang terganggu. Otak manusia ini secara umum terbagi menjadi tiga bagian, yakni otak besar (cerebrum) otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Otak besar sendiri terdiri dari atas bagian besar yang disebut hemisfer, yaitu hemisfer kanan dan kiri. Hemisfer kiri bertugas mengendalikan fungsi bagian tubuh sebelah kanan. Sementara, hemisfer kanan mengendalikan fungsi bagian tubuh sebelah kiri.
Pusing yang Bisa Jadi Gejala Stroke
Melansir Buku Awas Stroke: Pengertian, Gejala, Tindakan, Perawatan & Pencegahan (2010) oleh dr. Rizaldy Pinzon, M.Kes., SpS dan dr. Laksmi Asanti, SpS (K), pusing berputar atau vertigo adalah pusing yag bisa jadi gejala stroke.
Gejala ini terjadi karena disebabkan oleh adanya gangguan sistem keseimbangan di otak kecil. Pusing berputar pada stroke dapat disertai dengan gejala mual dan muntah. Tapi, hal itu tidak mesti dialami oleh setiap penderita stroke. Artinya, pusing berputar pada penyakit ini bisa juga tanpa disertai dengan mual dan muntah. Selain itu, pusing berputar pada stroke juga bisa disertai oleh gejala lain, misalnya bicara pelo dan gangguan koordinasi.
Untuk memastikan pusing berputar yang dialami termasuk gejala stroke atau bukan, siapa saja memang dianjurkan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Hal ini penting mengingat tidak semua pusing berputar adalah gejala stroke. Ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan vertigo. Begitu juga dengan nyeri kepala. Keluhan ini bisa muncul sewaktu-waktu karena berbagai faktor. Namun, datangnya nyeri kepala ini patut juga diwaspadai karena bisa menjadi gejala stroke. Pada lebih dari 95 persen kasus, nyeri kepala memang bersifat primer dan dihubungkan dengan ketegangan otot atau migren. Tapi, pada 5 persen kasus, nyeri kepala disebabkan oleh sakit sekunder, termasuk di antaranya stroke.
Nyeri kepala pada stroke biasanya bersifat mendadak, dengan intensitas yang berat, dan disertai dengan gejala gangguan saraf yang lain. Gejala stroke sangat ditentukan oleh bagian otak yang terkena gangguan. Salah satu kata kunci yang ada pada stroke adalah sifatnya yang mendadak. Seseorang yang pada awalnya baik-baik saja dan menunjukkan gangguan sistem saraf yang bersifat mendadak, patut dicurigai sebagai stroke.
Pulang sekolah adik kehujanan di jalan. Sesampainya di rumah, adik mandi tapi tidak keramas. Malam harinya kepala adik pusing dan badannya demam. Menurut pendapatmu, apakah pusing yang diderita adik berpotensi penyebab stroke? Sertakan alasanmu!
Jawab : Tidak berpotensi penyebab stroke karena penyebab adik pusing itu kehujanan.
Source : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/
Semoga dengan Contoh Soal & Jawaban AKM Literasi Teks Informasi Kelas 9 SMP & 10 SMA/SMK
Bisa menjadi refrensi bapak dan ibu guru dalam membuat soal atau memberikan materi pelajaran yang tepat untuk peserta didik

Advertisement
Contoh Soal AKM literasi Teks informasi kelas 9 SMP dan 10 SMA/SMK | admin | 4.5