SIM PKB Guru Penggerak

Advertisement

Bagaimana Cara Daftar Program SIM PKB Guru Penggerak? Nah, untuk dapat mendaftar program ini, anda harus memiliki login simpkb. Sistem tersebut sudah terintegrasi dengan layanan program guru penggerak. Tumbuhnya transformasi pendidikan ini melalui sumber daya manusia yang unggul dengan menciptkan pemimpin di Mana Depan melalui program guru penggerak.

Program simpkb guru penggerak ini sebagai salah satu wacana baru kementerian pendidikan yang melakukan transformasi untuk rekrutmen calon guru penggerak yang nantinya mereka akan diberikan pelatihan yang befokus pada pengembangan holistik, pedagogik guru yang bertumpu pada murid serta pelatihan kepemimpinan.

DAFTAR ISI

Modul Pelatihan Guru Penggerak

Kemdikbud telah merancang tiga modul pelatihan yang akan digunakan untuk melatih guru selama 9 bulan, tiga paket modul tersebut adalah

Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Seorang guru harus memiliki paradigma dan niai-nilai membangun budaya positif di Lembaga Satuan Pendidikan dan juga memiliki visi seperti layaknya pendiri pendidikan yaitu Ki hadjar Dewantara.

Pembelajaran Yang Berfokus Pada Murid

Siswa atau murid menjadi objek terpenting dalam mengembangkan kompetensi, seorang guru harus dapat memberikan materi yang berpihak pada murid dengan menggunakan coaching atau pendampingan serta pembelajaran sosial dan emosional.

Kepemimpinan Pembelajaran

Seorang calon guru penggerak akan mendaparkan materi tentang sifat kepemimpinan dalam berbagai hal mulai dari pengambilan keputusan yang visioner sebagai pemimpin pembelajara, pengelolaan program sekolah dan sumber daya yang berfokus pada siswa.

Lantas siapa saja yang boleh melakukan pendaftaran guru penggerak?

Apa kriteria guru penggerak?

Bagi yang hendak mendaftar guru penggerak anda bisa melihat beberapa kriteria guru penggerak dibawah ini:

1. Guru yang bekerja di lembaga pendidikan sekolah negeri maupun swasta yang berstatus PNS maupun NON PNS.
2. Guru yang sudah memilikiki kualifikasi sarjana strata satu atau giploma 4
3. Guru yang memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
4. Guru yang memiliki masa mengajar tidak kurang dari 10 tahun
5. guru yang memiliki keinginankuat untuk menjadi penggerak
6. Guru yang sudah memiliki akun guru di dapodik sekolah.

Setelah anda sudah sesuai dengan kriteria diatas anda boleh langsung mencoba mendaftarkan diri dengan cara berikut

Bagaimana Cara daftar guru penggerak?

Nah, bagaimana cara daftar guru penggerak? Untuk melakukan registrasi sebagai calon guru penggerak anda bisa ke laman simpkb guru penggerak yang beralamat di https://app-gurupenggerak.simpkb.id/pendaftaran-guru-penggerak

Kemudian anda akan diarahkan ke menu pendaftaran guru penggerak angkatan 3

Lengkapi nama, dan alamate email aktif anda kemudian anda bersedia untuk melakukan pendaftaran dan langsung daftar sekarang, Dan anda akan menuju dashboard guru penggerak.

Apa Tugas guru penggerak?

Setelah anda daftar dan lolos sebagai guru penggerak dan diberikan pelatihan selama 9 bulan, apa saja tugas yang harus dilakukan sebagai guru penggerak?

Nah, sebagai guru penggerak anda harus aktif menggerakan komunitas belajar yang ada di wilayah anda dan mendorong agar anak didik atau murid dapat memiliki kompetensi dalam belajar, selain itu sebagai guru penggerak anda juga harus mendampingi guru lain untuk pengembangan pembelajaran di sekolah, membuka ruang diskusi, meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi pemimpin dalam pembelajaran.

Berapa Gaji Guru Penggerak?

Bukan gaji yang akan didapatkan sebagai guru penggerak melainkan para calon guru penggerak akan belajar mengembangkan komptensinya selama 9 bulan. Mereka akan belajar secara terbimbing belajar bersama-sama rekan guru yang lain yang juga lolos seleksi guru penggerak dengan mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring atau online dan mereka akan diberikan akomodasi biaya transportasi, konsumi jika ada pelaksanaan lokakarya sehingga selain mendapat komunitas yang baru mereka juga dibekali untuk meningkatkan pembelajaran yang berfokus pada siswa. Setelah program selesai mereka akan mendaparkan sertifikat pendidikan dan piagam guru penggerang dengan jumlah pertemuan sebanyak 360 JP.

Advertisement
SIM PKB Guru Penggerak | admin | 4.5