Bukan Hanya Dana Bos yang disunat Oleh Pemda, akan tetapi Tunjangan-Tunjangan juga tersunat

Advertisement

Penyaluran dana bos tahun ini langsung ke sekolah sehingga tidak ada sunat lagi dari Pemda, Bukan hanya dana bos aja yang perlu diketahui telah disunat oleh Pemda melainkan juga tunjangan lainnya juga tersunat.

Menkeu hanya mengungkap modus korupsi dana bos oleh pemda dan kepsek melalui laman website pemberitaan di https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200131093037-532-470390/menkeu-ungkap-modus-korupsi-dana-bos-oleh-pemda-dan-kepsek

Dan akhirnya dana bos langsung dilakukan ke rekening sekolah karena adanya tindakkan celah pemotongan dana di sekolah-sekolah. Penyaluran dana bos yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang sejak dahulu disalurkan ke Pemda, dalam hal ini Bendahara negara baru menyadari bahwa ada pemotongan dari penyaluraan anggaran tersebut dari Pemda.

Dalam hal ini pemerintah pusat khususnya Kementerian Keuangan Negara juga harus melakukan kaji ulang untuk tunjangan-tunjangan lainnya yang notabene tunjangan tersebut dilakukan dari pusat yang disalurkan kepada pemerintah daerah maupun provinsi. Tidak hanya anggaran dana bos saja yang telah tersunat melainkan tunjangan gurupun demikian adanya.

Penyaluran dana bos yang dilakukan oleh pemerintah ke sekolah yaitu dengan rincian yang baik yaitu dengan by name, by address dan by school account. Dana bos yang disalurkan ke rekening sekolahpun masih aja yang diakali oleh para oknum yang ingin mengeruk dana tersebut.

Tidak hanya dana bos saja yang jadi masukan dari masyarakat, melainkan yang berkaitan dengan penyelewnagan dana negara ke daerah seperti dana desapun turut menjadi perhatian, banyak yang merasa iri dengan kepala desa yang membeli mobil baru karena penyelewengan dana, apalagi kita lihat banyak laporan bohongan yang tidak ada hasilnya di sekolah ataupun masyarakat.

kelihatannya pemerintah harus benar-benar melakukan pengawan terhadap dana yang telah digelontorkan dari kementerian keuangan kepada sekolah maupun desa. Monitoring menjadi salah satu kunci yang pasti bahwasannya dana tersebut benar-benar dilaksanakan dengan baik.

Penyaluran dana bos ke rekening sekolah langsung sudah dikoordinasikan melalui rapat pada tanggal 28 januari terkait dengan penyaluran dan kenaikan dana bos pada tiap jenjangan yang bisa download pada juknis dana bos seperti berikut ini:

Advertisement
Bukan Hanya Dana Bos yang disunat Oleh Pemda, akan tetapi Tunjangan-Tunjangan juga tersunat | admin | 4.5