PPDB

Orang tua Titip KK Orang Lain, Modus Baru Kecurangan dalam PPDB Jogja

Simpkbgtk.com – Adanya jalur pendaftaran PPDB Zonasi muncul modus baru agar anak didik yang jauh tempat tinggalnya bisa masuk dan lolos di sekolah pilihan yang menjadi sekolah favorit dilingkungan zonasi

Salah satu modus baru yang terjadi adalah seorang murid tiba-tiba memiliki domisili yang dekat dengan sekolah, namun Dinas terkait tidak melakukan verifikasi lapangan apakah siswa tersebut tinggal fisik atau hanya kartu keluarganya saja dan siswa masih tinggal bersama keluarga

Modus kecurangan ini dilakukan oleh para orang tua wali murid agar siswa atau anak mereka mendapatkan sekolah yang memang diinginkan apalagi masih ada sekolah yang notabene memiliki keunggulan yang berbeda seperti adalah jam olaharga renang yang didekatnya ada fasilitas kolam renang.

Jika anak mereka harus bersekolah di dekat rumah nantinya memang anak tersebut tidak dapat berkembang dan berkompetisi karena tidak adanya fasilitas yang mendukungnya. Apalagi ada sistem zonasi yang telah dijadikan aturan baru dalam penerimaan masuk siswa baru.

Kartu Keluarga menjadi salah satu dokument administratif yang dikeluarga dan dirilis oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Dan jika memang sudah keluar secara hukum telah resmi dan dinas pendidikan tidak dapat menyanggah dari dokument tersebut.

Itu menjadi salah satu kelemahan dari PPDB jalur Zonasi yang secara dokument sah jika memang orang menggunakan tersebut sebagai salah satu cara modus baru dalam melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi.

Ada orang yang menumpang data kartu keluarga di tempat saudara dan bahkan di satu rumah ada dua KK yan ditemuka di dekat dengan SMA negeri favorit di Kota Yogyakarta dan dalam dua KK yang terbit tersebut masing-masing ada 10 anak sehingga dinas tidak dapat menyanggahnya.

Dan ini menjadi salah satu kelemahan dan kepatutan, apakah hal itu patut dilakukan jika dalam sebuah kartu keluarga terdapat 6 anak yang tinggal dengan anak semua sekolah ditempat tersebut sehingga nanti memang harus ada yang harus diperbaiki kedepannya oleh pemerintahan terkhusus Menteri yang akan diangkat selanjutnya.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Orang tua Titip KK Orang Lain, Modus Baru Kecurangan dalam PPDB Jogja yang dipublish pada July 11, 2023 di website Info GTK SIMPKB

Leave a Comment