Jadwal PPG Kemenag TA 2021-2022

Advertisement

Kapan Jadwal PPG Kemenag Dimulai? Program pendidikan profesi guru dalam jabatan tahun 2021 sefera dimulai meskipun saat ini masih dalam masa tagap panemi Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agamara tetap melaksanakan program Pendidikan PPG.

Hal itu berdasatkan surta dari kementerian Agama republik Indonesia dengan sifat yang sangat penting tertera nomor B-949.1/DJ.I/Set.O/PP.00.9/03/2021 tentang pelaksanaan PPG Daljab.

Dalam aturan surat tersebut membahas tentang metode yang digunakan Biaya Pelaksanaan PPG dalam Jabatan hingga beberapa aturannya. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut ini.

Proses Pendaftaram akan dilaksanan secara daring melalui laman simpatika yang beralamat di simpatika.kemenag.go.id. Sedangkan untuk Guru Pendidikan Agama Islam yang juga melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa PPG daljab bisa melalui Siagapendis.com atau melalui website siaga.kemenag.go.id dengan memperhatikan jadwal pelaksanaannya.

Metode pembelajaran yang semula menggunakan Blended Learning menjadi 100% menggunakan pembelajaran memakai jaringan atau daring.

Pembayaran atau biaya pelaksanaan PPG besumber dari Anggaran pendapatan belaja Negara (APBN) untuk guru madrasah atau guru selain PAI dibawah naungan Kementerian Agama sedangkan Guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di sekolah negeri pembiyaan berasal dari APBN atau APBD.

Sedangkan rincian pembayarannya untuk Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru mengealami perubahan sebagai berikut ini:

NORincianSemulaMenjadi
1Guru Madrasah Mapel Umum7,5 juta5 juta
2Guru Madrasah Mapel Agama6,5 juta5 juta
3Guru PAI di Sekolah Negeri6,2 juta5 juta

Dengan adanya perubahaan biaya pendidikan PPG dalam jabatan kementerian agamar maka selisih anggaran akan digunakan untuk:

Pertama, untuk penambahan volumen atau kuantitas mahasiswa yang lebih banyak dari biasanya.
Kedua, untuk pembelanjaan yang menunjang kegiatan taua untuk mendukung adanya kesuksesan dalam pembelajaran atau faktor pendukung dalam pembelajaran.

Adapun Jadwal PPG Kemenag anda bisa lihat dibawah ini:

NoKegiatanTanggal
1Sosialisasi Pendaftaran PPG 1 s/d 2 April
2Pendaftaran Online Melalui Simaptika
a) Pendaftaran Peserta PLPG ta 20175 s/d 23 april
dan peserta berbiaya pemda
b) Pendaftaran Peserta lulus seleksi26 april s/d 5 Mei
akademik (pretes) tahun 2018
c) Pendaftaran Peserta lulus seleksi76 s/d 18 Mei
akademik (pretes) tahun 2019
d) Penentuan Rombongan Belajar19 s/d 28 mei
Kelas dan Instruktur
e)Proses PPG angkatan 12 juni s/d 20 agustus
f) UKM PPG angkatan 125 juni s/d 30 agustus
g) Proses PPG angkatan 21 sep s/d 24 nov
h) UKM PPG Angkatan 225 nov s/d 4 des

Anda bisa lihat jadwal diatas, dan bagi para guru madrasah yang telah mendaftarkan diri harus mengikuti alur dan ketentuan teknisnya sesuai dengan prosesnya samapai dengan selesai. Dan anda dapat mengunduh Juknis terkait pelaksanaan PPG dalam Jabatan Kemenag dibawah ini:

Semoga dengan sedikit informasi ini dapat memberi manfaat bagi anda yang saat ini sedang ingin menambah keilmuan dengan Pendidikan Profesi Guru Kementerian Agama.

Advertisement
Jadwal PPG Kemenag TA 2021-2022 | admin | 4.5