Inilah Kabar Guru Honorer Gara-Gara Unggah Gaji 700 ribu

Advertisement

Sebuah kabar menyebutkan, ada seorang guru honorer yang dipecat gara-gara unggah gajinya sebesar 700 ribu di media sosial. Guru tersebut menjelasakan dengan sebuah tulisan dalam sebuah buku bahwa besaran gaji itu selama empat bulan mengajar mendapatkan dana gaji dari bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sesuai dengan JUKNIS BOS bahwa guru honorer mendapatkan 50 % dari dana yang telah turun dan disalurkan ke Sekolah. Namun, kenyataannya apa yang terjadi saat ini tidak sesuai dengan ekspektasi dari para guru honorer.

Setelah mengunggah besaran dana honorer yang diambil dari dana bos hanya 700 ribu untuk 4 bulan bekerja, ia lantas merinci biaya bulanan yang harus dikeluarkan selama sebulan dari mulai bayar utang sampai dengan kebutuhan kedua anaknya.

Nah, setelah mengunggah gaji tersebut, lantas si guru honorer langsung dihubungi oleh kepala sekolah untuk mencari tempat baru atau sekolah baru yang bisa menggaji anda lebih banyak dari itu.

Si guru honorer tersebut bekerja di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone Sulawesi selatan yang sudah berusia 34 tahun. Tak terima kepala seklah lantas memecat guru trsebut karena dianggap telah merendahkan pihak sekolah yang memberikan gaji yang keci.

Setelahnya guru honor tersebut memberikan permintaan maaf kepada pihak sekolah, namun permintaan maaf tersebut tidak digubris sama kepala sekolah, buka maksud menjelekkan kepala sekolah.

Labtas akibat pemecatan guru honorer tersebut mengundang banyak pihak yang prihatin atas kebijakan kepala sekolah yang langsung memecat hervina dan memintah klarifikasi dan langsung melakukan tindak pemecatan.

Setelah itu Anggota komisi 3 menanggapi tentang hal ini dan memberikan pendampinagn hukum secara penuh terhadap guru honorer tersebut karena hal ini tak boleh terjadi karena telalu arogansi yang telah dilakukan pihak sekolah terhadapnya.

Hervina adalah salah satu contoh di facebook, gambaran seorang guru honorer yang selama ini banyak guru honorer yang kurang diperhatikan dalam kesejahteraan.

Dan ironis sekali, meskipun dana bos untuk guru honorer itu sudah dilebihkan menjadi 50%nya namun tetap saja kepala sekolah yang ada di Indonesia tidak memuliakannya, namun masih memberikan gaji yang sedikit atau minim yang tak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

Kepala sekolah itu berdalih memberhentikan Guru honorer tersebut karena ada guru ASn yang masuk di sekolah tersebut dan mendahulukan guru AS dan otomatis atas dasar hukum ASN, maka guru tersebut harus mundur.

Sumber: detik.com

Advertisement
Inilah Kabar Guru Honorer Gara-Gara Unggah Gaji 700 ribu | admin | 4.5