Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK TA 2021-2022

Advertisement

Simpkbgtk.com – UKK SMK ini termasuk salah satu bidang kompetensi yang harus dilalui oleh para peserta didik yang bertujuan untuk mengukur pencapain kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kualifikasi Nasional Indeonesia.

Sesuai dengan Surat Edaran yang beredar atas peniadaan Ujian nasional maka pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK dapat memilih dari beberapa jenis Skema untuk penyelenggaraan ujian sebagaimana berikut

Mekanisme Ujian Kompetensi Keahlian UKK SMK

Ada beberapa mekanisme pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian SMK yang seperti kami simpulkan berikut:

1. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang telah disepakati oleh mitra Dudika atau Asosiasi Profesi, yang tentunya sudah diakui

2. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (LSP) yang telah mendapatkan sertifikasi yang diberikan terhadap BNSP.

3. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang diselenggarakan oleh LSP dibawah naungan mitra Dudika yang telah melaksanan program kompentensi dan pemasok sumber daya manusia di jejaring kerjanya.

4. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Ketrampilan (LSK) yang didirikan oleh Aosiasi Profesi, Industri.

5. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK)
yang dikeluarkan langsung oleh BNSP.

6. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada tempat Uji kompetensi (TUK) yang dilakukan secara Mandiri bagi SMK yang telah terakreditas untuk menyelenggarakan instrumen UKK yang tetap melibatkan mitra DUDIKA.

Jadwal Uji Kompetensi Keahlian SMK

Rentang waktu pelaksanaan Ujian kompentesi ini mulai dari bulan april sampai dengan masa akhir pembelajaran pada semester kedua untuk siswa Sekolah Menengah Atas.

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian SMK Mandiri

Adapun beberapa perangkat yang harus dipenuhi dalam melaksanakan Ujian kompetensi Keahlian ini antara lain adalah

1. Instrumen Soal:

Instrumen ini dapat berbentuk penugasan untuk mengerjakan suatu hal sebagai salah satu standar dari pemerintah untuk menguji aspek ketrampilan sehingga akan menghasilkan suatu produk ataupun jasa. Untuk tm penguji biasanya akan mengujinya berdasr pada indikator yang tercantum dalam lembar pedoman penilaian.

2. Lembaran pedoman penilaian UKK

Lembaran penilaian ini terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikat yang memuat beberapa komponen dan sub komponen, di samping itu juga ada rubrik penilaian yang berisikan tentang hasil unjuk kerja, sikap kerja dan komponen indikator lainnya.

3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK

Selain itu SMK yang akan menyelenggarakan UKK Mandiri ini mereka harus diverifikasi instrumennya dari beberapa standar, seperti standar persyaratan peralatan, kelayakan tempat ruang, standard penguji internal maupun eksternal dari luar sekolah dan masih banyak lagi.

Biaya Penyelenggarana Uji Kompetensi Keahlian

Nah, siapa tau guru-guru belum tau, bahwa UKK adalah uji kompetensi yang harus diselenggarakan oleh sekolah, pemerintah sudah memberikan dana operasional melalui Dana bantuan BOS, Mau tau penggunaan Dana Bos buat apa saja? simak di Juknis BOS 2021.

Untuk lebih lengkap tentang Uji Kompetensi Keahlian SMK bisa disimak dibawah ini ya

Semoga memberikan manfaat bagi para kepala satuan pendidikan SMK untuk menyiapkan beberapa instrument terkhusus untuk UKK SMK tahun ini.

Advertisement
Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK TA 2021-2022 | admin | 4.5