Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

Advertisement

Bagaimana cara verifikasi akun PTK Dapodik bagi PTK yang alamat emailnya ganda atau tidak aktif. Untuk mengatasi permasalahan ini, seorang guru dan tenaga kependidikan wajib melakukan verifikasi email. Bagiamana jikalau Guru dan tenaga kependidikan tak melakukan verifikasi di akun ptk dapodik? seorang guru yang bersangkutan tak akan dapat melihat perkembangan yang terjadi pada akun.

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

sumber Topik.MY.ID

 

Seorang guru dan tenaga kependidikan yang tidak melakukan verifikasi akun PTK dapodik mereka tidak akan bisa login di akun pengguna dapodik menggunakan SSO dan akun PTK yang belum terverifikasi, akan ada indikator kolom tanda bertanda silang, apabila anda seorang operator anda bisa melihat indikator tanda silang akan terlihat pada aplikasi dapodik dan akan dapat notifikasi belum terverifikasi. Nah, berikut cara verifikasi akun PTK

Ini Step By STEP bagaimana verifikasi Akun PTK

1. Silahkan anda verifikasi menggunakan ptk.datadik.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan kode verifikasi akun PTK yang dikirimkan ke email aktif. Lalu Bagaimana jika email akun PTK tidak aktif?

2. Operator sekolah harus edit username dan password untuk login SSO dapodik terlebih dahulu untuk bisa memasukkan email yang aktif. Langkah awalnya seperti berikut:

3. Silahkan anda kunjungi website di sp.datadik.kemdikbud.go.id kemudian login SSO dengan menggunakan username dan password yang digunakan pada login dapodik.

4. Kemudian anda pilih menu tombol akun yang ada diatas dan klik daftar akun dan selanjutnya anda pilih tampilkan data guru maupun tenaga kependidikan.

5. Selanjutnya anda bisa edit tanda pensil untuk edit username dan password. Apabila email yang dijadikan username tidak aktif maka silahkan anda ganti alamat email aktif selanjutnya anda masukkan password dan klik update.

6. Berikan alamat email dan password kepada para tenaga kependidikan agar mereka bisa login SSO dengan mengunjungi laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id

7. Masukkan alamat email dan password PTK kemudian anda loginkan dan muncul dahboardnya klik menu biodata.

8. Setelah itu anda lihat dibagian bawah ada tombol akun untuk menampilkan identitas PTK selanjutnya anda klik tombol Verifikasi akun.

9. Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email PTK yang aktif dan selanjutnya mereka harus mengisikan data kode verifikasi yang ada di identitas akun PTK dibawah tombol verifikasi akun.

10. Langkah terakhir anda masukkan tombol simpan setelah berhasil anda simpan silahkan anda logout dan login agar berubah menjadi aktif.

11. Selesai.

Semoga dengan artikel sedikit ini terkait dengan cara verifikasi akun PTK dapodik menjadi refrensi bagi para operator dimudahkan urusan anda.

Advertisement
Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik | admin | 4.5