Siap-siap!!! Nadiem Angkat 1 juta Guru Honorer Jadi PPPK 2021

Advertisement

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mewacanakan akan mengangkat 1 juta guru honorer tahun depan menjadi Pegawai Pemerintahan Perjanjian Kontrak Kerja (PPPK). Sampai saat formasi yang diterima oleh kementerian untuk PPPK yang berasal dari daerah baru sekitar 200 ribu formasi. Jauh dari target yang diharapkan.

1 juta Guru honorer tersebut menjadi target bulan depan, para kepala sekolah harus meminta kepada dinas pendidikan setempat untuk menginformasikan berapa kebutuhannya, Apalagi di guru honorer di daerah 3T yang notabene memang harus diperhatikan.

Selanjutnya untuk penganggkatan guru honorer menjadi PPPK harus sesuai dengan mekanisme tahap seleksi yang adil dan transparan. Untuk guru honor pemerintah yang gajinya sudah sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) harus tahan dulu untuk jadi PPPK, Kemdikbud manargetkan bagi guru yang menerima gaji 200 ribu perbulan atau guru honor sekolah yang notabene belum gaji UMR.

Perlu diketahui bersama, bahwasannya di daerah 3T masih banyak guru yang digaji sebulan tidak sesuai dengan standard gaji meskipun di daerah 3T hal ini harus diperhatikan bersama agar nantinya mereka yang saat ini berjuang menjadi honor sekolah bisa ikut pendaftaran menjadi guru PPPK.

Nantinya jika para guru honorer sudah banyak yang terangkat menjadi Pegawai di pemerintahan dengan gaji sesuai dengan UMR yang ada di provinsi masing-masing, maka kesejahteraan mereka meningkat, karena sudah sejak zaman dahulu kala guru dikenal sebagai omar bakri yang notabene berangkat ke sekolah hanya menggunakan sepeda ontel yang biaya hidupnyapun tidak dapat mencukupi dengan hanya mengajar menjadi seorang guru.

(sumber: pikiran-rakyat.com)

Advertisement
Siap-siap!!! Nadiem Angkat 1 juta Guru Honorer Jadi PPPK 2021 | admin | 4.5