Kemdikbud Rilis Aplikasi Guru Berbagi Untuk Membantu Pembelajaran Jarak Jauh

Advertisement

Program terbaru dari kemdikbud saat ini adalah dengan membantu guru dapat melakukan aktivitas belajar mengajar di tengah pandemi covid 19, yang mana para siswanya diaharapkan untuk stay at home atau tidak keluar rumah baik itu untuk bermain dan lainnya. Program Guru Berbagai ini merupakan langkah tepat bagi kementerian untuk membantu guru dalam menyelenggarakan proses belajar menajar dalam jaringan jarak jauh.

Program pembelajaran jarak jauh ini ini sebagai salah satu cara untuk mengimplementasikan praktik pendidikan anatara guru dan penggerak pendidikan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang di impelemtasikan dalam sebuah website atau laman guruberbagi.kemdikbud.go.id

Link guru berbagi.kemdikbud.go.id ini diharapakan menjadi salah satu ruang guru untuk dapat melakukan proses pembalajaran jarak jauh yang berkualitas denan strategi pembelajaran yang baik dan kreatif. Dan laman tersebut juga sebagai cara guru untuk berbagi ide kepada para gru lainnya sehingga pembelajaran di rumah semakin terarah sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya selama datangnya masa darurat virus corona seperti sekarang ini.

Dalam laman tersebut memuat tiga hal yang dapat di bagikan oleh guru-guru yang saat ini sudah ada 64 RPP yang telah diunggah oleh guru. Adapun 3 hal yang dapat dibagikan pada laman guru berbagi adalah seperti 1. Berbagai RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2. Berbagi Aksi Pembelajaran 3. Berbagi Bacaan yang digunakan untuk pembelajaran siswa.

Semua guru yang telah memiliki akun SIMPKB dari tingkat SD sampai dengan SMA dapat mendaftarkan pada laman portal guru berbagi ini, Selain itu para Relawan penggerakpun juga demikian dalam hal ini mereka yang notabene sebagai salah satu pengajar atau pendidik bisa saling bertukar ide, pikiran dan berkolaborasi secara kreatif di manapun anda berada.

Layaknya sebuah forum berbagi karena anda sendiri bisa mencari artikel refrensi terkait dengan pembelajaran baik itu dari segi RPP, Aksi mengajar ataupun berbagi dalam strategi dan metode pembelajaran. Dan apabila ada guru yang tidak suka dengan yang telah dibagikan oleh guru lain maka yang dibagikan tersebut bisa langsung dilaporkan kepada admin guru berbagi.

Adapun ketentuan untuk mengunggah atau upload dokument berbagi RPP harus sesuai dengan kriteria sebagaimana berikut ini:

1. File yang akan diunggah dibentuk dalam sebuah file PDF
2. FIle RPP yang dibagikan memuat judul dan kelas\
3. File RPP harus berukuran maksimal 2 MB tidak boleh lebih dari ukuran tersebut.
4. Adapun file RPP yang akan dibagian harus memuat nama pembuat RPP< Nama sekolah si pembuat RPP, email Pembuat RPP, Jenjang kelas dan topik pembelajarannya.

Nah, dalam hal berbagi ini, partisipasi guru dan penggerah pendidikan untuk proses komunikasi dua arah lebih ditekankan dan untuk si pembuat RPP harus secara rinci memperhatikan hak cipta dan mencantumkan segala sumber belaar yang buka hanya unggahan yang sama atau plagiasi karya orang lain, jika anda memasukkan gambar murid anda juga harus meminta izin kepada murid tersebut

Dengan adanya guru berbagi ini para guru memang kesulitan membuat RPP dikala masa darurat corona seperti sekarang ini sehingga dengan adanya guru berbagi ini sebagai salah satu jawaban menjawab tantangan pembelajaran dan pelaksanaan secara digital, semoga dengan dirilisnya aplkasi webbase guru berbagi ini dapat menambah banyak ilmu bagi guru-guru yang mengajar pembelajaran secara online.

Advertisement
Kemdikbud Rilis Aplikasi Guru Berbagi Untuk Membantu Pembelajaran Jarak Jauh | admin | 4.5