Administrasi Guru Banyak, Tambah Beban Lagi untuk Pengelolaan, Pelaksanaan, Penilaian Kinerja Guru (PMM)

Simpkbgtk.com – Meskipun Kemendikbudristek Mengklaim Platform Merdeka Mengajar Tak Membebani Guru, namun banyak sekali guru yang mengeluhkan kurang maksimal dalam mengajar, karena harus melakukan pengisian di Platform Merdeka Mengajar atau PMM

kemdikbudristek telah mengeluarkan surat edaran terkait dengan Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Nomor 0559/B.B 1/GT.02.00/2024 yang mana dalam menu dan fitur-fitur di dalamnya ada banyak kegiatan yang harus dibebankan oleh guru.

Beban Administrasi guru yang banyak, mulai dari Standar Kompetensi (SK) Kompetensi Dasar (KD), Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), Dokument Kriteria Ketuntasan Minimal, Program Semester dan Tahunan ditambah lagi satu beban administrasi yang ada di platform Merdeka Mengajar yang membuat para guru berkeluh kesah

Apalagi Pengelolaan kinerja guru per tahunnya harus wajib dilaksanakan, karena nantinya SKP atau sasaran kinerja pegawai di dapatkan dari portal PMM tersebut. Sedangkan guru yang memang sudah mengisi aplikasi di PMM, mereka sudah tidak wajib dan tidak perlu mengelola laporan di aplikasi e-kinerja BKN karena data guru yang bersangkutan sudah langsung terintegrasi dan disalurkan pada aplikasi e-Kinerja.

Wajib hukumnya seorang pegawai mengisi PMM karena nantinya guru dan kepala sekolah harus melakukan pengisian di saran kinerja pegawai dalam aplikasi PMM ini

Banyak guru saat ini berkeluh kesah akan adanya program PMM dari Kemendikbudristek, guru yang seharusnya mengajar dengan tenang, waktunya habis untuk PMM dananak didik terabaikan.

Meskipun sudah tidak diwajibkan lagi mengisi aplikasi pengelolaan kinerja yang ada di daerah, akan tetapi data kinerja guru wajib disampaikan ke BKN langsung.

Dalam Peraturan Direktur Jenderal GTK Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 Tahun 2023 disebutkan tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah. Disebutkan bahwa dengan adanya PMM ini, membantu bapak ibu guru dalam melaksanakan pengelolaan kinerja yang lebih terintegrasi sehingga beban administrasi sekolah dihilangkan karena adanya rekomendasi indikator capaian setiap sekolah sehingga menimalkan kinerja yang kurang nyata.

Banyak guru yang berada di Zona nyaman, apalagi banyak guru yang ada dilingkungan yang kurang jangkauan seperti daerah #T, mereka terjebak pada zona nyaman, jika kemajuan pendidikan ini dengan menambahkan beban di daerah tersebut, otomatis mereka akan tidak nyaman. Seharusnya mereka sudah difasilitasi dengan berbagai fasilitas seperti di kota dengan adanya internet yang bisa terkoneksi dengan sistem yang menambah beban mereka. Meskipun rencana pemerintah tersebut baik untuk pendidikan, sehingga dapat bertumbuh dan berkembang. Namun, dalam kenyataannya masih banyak sekolah yang berada di luar jangkauan signal.

Fokus guru akan terpecah jika memang ada keharusan dari pemerintah untuk mendapaktan penilaian kinerja dalam pengisian PMM yang membebani guru ini untuk mengumpulkan sertifikat yang ada, kewajiban tersebut sangat menyita waktu sehingga anak didik di sekolah terabaikan. Karena banyaknya daerah di indonesia yang bermasalah dengan jaringan internet dan pemerintah harus sadar bahwa tidak semua sekolah ini termasuk wilayah yang memiliki jaringan signal. Apalagi banyak kegiatan dari pemerintah dilakukan secara digital melalui zoom meeting dengan penggunaan jaringan.

Sebanyak 32 point harus dikumpulkan oleh guru yang mengajar di sekolah dalam pengisian pengelolaan kinerja guru di PMM. Dan 32 point tersebut diharap dapat tercapai sebagai salah satu pertimbangan kepala sekolah untuk menilai guru. Hal seperti inilah yang harus dikoreksi oleh pemerintah agar tidak membebani secara administrasi, malah guru dibebani dengan PMM dengan syarat pengumpulan point dengan jumlah 32 point.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Administrasi Guru Banyak, Tambah Beban Lagi untuk Pengelolaan, Pelaksanaan, Penilaian Kinerja Guru (PMM) yang dipublish pada February 7, 2024 di website Info GTK SIMPKB

Leave a Comment