Penerima BSU Bertambah 1,6 Juta Orang, Cek Nama Anda!

1 min read

CPNS

Simpkbgtk.com – Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) telah dilaksanakan sejak tahun 2020. Pemerintah melalui program ini memberikan subsidi gaji bagi pekerja karena pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi perekonomian dan tentunya para pekerja turut terdampak.

Baru- baru ini ada kabar gembira bagi para pekerja, terutama yang belum terdaftar sebagai penerima BSU karena pemerintah berencana menambah penerima BSU hingga 1,6 juta orang. Bisa jadi Anda termasuk satu diantaranya.

Seperti yang dikutip dalam Kompas.com tanggal 27 Oktober 2021 pukul 13.10 WIB. Menteri koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartato menyatakan bahwa “Dengan sisa anggaran, akan ada perluasan sebanyak 1,6 juta sasaran pekerja dan ini jumlah anggarannya adalah Rp 1,6 triliun”. Hal ini dinyatakan dalam konferensi pers evaluasi program PC-PEN, Selasa 26 Oktober 2021.

Berdasarkan pernyataan tersebut, berarti penerimaan BSU yang akan datang sebesar 1 juta rupiah per orang. Besarannya sama dengan penerimaan BSU sebelumnya.

Masih berdasarkan kutipan Kompas.com tanggal 27 Oktober 2021 pukul 13.10 WIB, lebih lanjut Airlangga Hartato menambahkan, “BSU diperluas yang semula diberlakukan untuk mereka di wilayah PPKM Level 4 dan 3. Tentu ini diharapkan dapat bisa dilaksanakan dan tidak ada perubahan dari kriteria.”

Kriteria yang dimaksud yaitu sesuai dengan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) no.16 tahun 2021. Jika berdasarkan peraturan tersebut dengan mengurangi kriteria berada di wilayah PPKM 3 dan 4, maka pekerja di seluruh wilayah Indonesia dapat berkesempatan mendapatkan BSU. Tentunya dengan memenuhi kriteria lainnya, diantaranya memiliki gaji maksimal 3,5 juta rupiah dan diutamakan pekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

 

Selanjutnya dalam Kompas.com tanggal 27 Oktober 2021 pukul 13.10 WIB juga menyebutkan keterangan dari Dirjen Pembinaan Hubungan dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemenaker Indah Anggoro Putri yang menyampaikan “Sisa anggaran BSU tersebut sebesar 1.791.477.000.000 rupiah dan menyasar 1.791.477 pekerja. Anggaran yang ditetapkan dan diberikan Komite PEN untuk Program BSU sebesar 8,7 triliun rupiah untuk 8.783.350 pekerja terdampak Covid-19.” Lebih lanjut beliau menambahkan, dalam realisasinya BSU yang telah tersalurkan sebesar 6,9 triliun rupiah untuk 6.991.873 pekerja.

 

Lantas, siapa sajakah yang termasuk dalam tambahan penerima BSU tersebut? Jika Anda penasaran, Anda dapat mengeceknya dengan cara berikut ini:

 

  1. Buka laman https://bsu.kemnaker.go.id/

 

  1. Daftarkan diri Anda untuk membuat akun pada laman tersebut. Lakukan aktivasi akun dengan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang Anda daftarkan.

 

  1. Jika sudah memiliki akun, login dengan menggunakan akun Anda.

 

  1. Lengkapi profil data diri Anda.

 

  1. Cek notifikasi di laman tersebut. Jika Anda termasuk penerima BSU, Anda akan menerima notifikasi “Calon Penerima BSU” atau “Dana BSU 2021 tersalurkan”. Namun jika Anda belum beruntung, Anda akan sekedar mendapat notiifikasi “Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021”.

 

  1. Jika Anda termasuk dalam penerima BSU, akan ada informasi Bank Himbara dimana penerima BSU wajib membuka rekening pada bank tersebut. Tahun ini bank penyalur BSU hanyalah bank BUMN (BRI, MAndiri, BTN, dan BNI).

 

  1. Pengecekan penerima BSU juga dapat dilakukan dengan mengakses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, aplikasi BPJSTKU, https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, menghubungi nomor WA 081380070175, atau call center layanan masyarakat 175.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *