Cara Aktifasi Akun Pembelajar

Kapan Anak Mulai Sekolah PAUD?

Mungkin bagi sebagian orang tua, saat kondisi covid 19 mulai tersebar di seluruh dunia, banyak yang memutuskan untuk menunda anak masuk sekolah. Lebih dari dua tahun lamanya ada anak yang dirumah sampai sudah berusia enam tahun baru bisa langsung masuk ke taman kanak-kanak.

Kapan Waktu Yang Tepat Anak Mulai Sekolah ?

Namun, beberapa orang tua mulai bertanya bagi yang memiliki anak kecil mulai mau masuk sekolah seiring membaiknya kondisi covid 19 yang sudah biasa saja. kapan sih waktu yang paling tepat untuk mengizinkan anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

Tentu hal ini membuat para orang tua ingin segera memasukan anaknya ke sekolah formal dan memperkenalkan dunia sekolah ke pada anak jika pandemi sudah berlalu. Nah, ada beberapa hal yang memang menjadi disiplin ilmu yang harus dilakukan sebelum mendaftar sekolah atau memperkenalkan sekolah, hal itu diungkapkan oleh Damar Wijayanti Sebagai salah seorang Motessori Certified sebagai berikut

Memperkenalkan Minat

Sebelum anak masuk ke dunia sekolah akan lebih penting lagi memperkenalkan segala macam bentuk kegiatan yang bervariasi, sehingga mereka akan dapat menemukan minatnya dengan memperkenalkan kegiatan yang berbeda-beda dan bervariasi maka si anak akan dapat mengetahui mana kegiatan yang mereka sukai nantinya

Motivasi Anak Sekolah

Selanjutnya sebelum masuk di dunia sekolah, seorang anak harus memiliki dorongan yang kuat ingin sekolah dan belajar sehingga orang tua harus menyiapkan beberapa hal termasuk stimulus pada saraf sensorik dan motorik yang dimiliki si anak sebelum masuk sekolah

Mencari Tempat Sekolah

Setelah si anak memiliki motivasi dan keinginan untuk belajar di sekolah, selanjutnya peran orang tua adalah dengan mencari lembaga sekolah yang berkualitas baik itu pengajarnya, kurikulumnya hingga jika perlu jarak dari rumah ke sekolah tidak terlalu jauh.

Dorongan Akan Perasaan Aman dan Nyaman

Perlu diketahui, apabila si anak belum siap masuk kedunia belajar sekolah, janganlah anda paksakan, anak juga perlu merasa nyaman jangan sampai mereka stress karena kurangnya bermain. Sebab perasaan yang tidak menyenangkan dan kurangnya rasa aman akan menghambar mereka dalam belajar.

Karena setiap anak sudah dibekali kemampuan masing-masing dan setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda sehingga jangan sampai kita pukul rata bahwa semua anak itu sama. Dan kalau bisa anda memasukkan ke dunia belajarnya sesuai dengan karakter yang dimiliki si anak.

Pengelolaan Emosi Anak

Salah satu tanda anak sudah siap dilepas di dunia belajar sekolah, bahwa anak anda sudah siap mental dan mampu mengelola emosinya sendiri dan itu adalah hal penting yang harus ditemukan pada setiap individu sehingga tidak serta merta karena usia sudah memenuhi syarat kita harus memasukkan anak di sekolah.

Dan biasanya anak yang sudah bisa mulai pendidikan anak usia dini berkisar antara 3 sampai dengan 5 tahun, tergantung dari anak sendiri, akan lebih baik waktu yang tepatnya adalah kontrol dari emosi anak sudah bagus.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kapan Anak Mulai Sekolah PAUD? yang dipublish pada September 1, 2022 di website Info GTK SIMPKB

Leave a Comment