Alasan Pindah Kerja PNS yang Paling Tepat

Advertisement

Simpkbgtk.com – Banyak PNS yang ingin memutuskan mutasi karena memang mereka jauh dari sanak saudara. Karena masalah pekerjaan menjadi pegawai negeri sipil yang ditempatkan dari pusat ke daerah membuat seorang PNS untuk pindah kerja. Namun, mereka bingung apa ya alasan yang paling tepat untuk pindah kerja PNS?

Karena memang untuk dapat mutasi atau pindah tugas haru ada Alasan pindah kerja PNS yang paling tepat agar bisa lolos, karena pengajuan pindah kerja adalah hak semua PNS meskipun memang pada awalnya mereka diberikan surat pernyataan yang bermaterai mau ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia selama lima tahun bekerja.

Tentu hal ini tidak ada yang salah, karena untuk mendapatkan hal yang baik tentunya mereka harus pindah ke kehidupan yang lebih baik. Nah, kali ini kita akan mengupas sedikit terkait dengan mutasi PNS sesuai dengan peraturan Kepala BKN No 5 tahun 2019.

Apa itu Mutasi PNS?

Nah, ada beberapa jenis mutasi yang memang perlu anda ketahui karena tidak anda pindah kerja saja melainkan mereka anda harus ketahui seperti berikut:

Promosi PNS

1. Promosi= Biasanya setiap tahunnya kementerian akan memberikan promosi kepada pejabat dengan golongan empat, mutasi pns ini biasanya berupa kenaikan pangkat dan jabatan antar satuan kerja.

Demosi PNS

2. Demosi= Lain halnya dengan demosi, mutasi kerja PNS ini karena adanya penurunan pangkat ataupun jabatan ke instansi atau lembaga lainnya.

Rotasi PNS

3. Rotasi= Mutasi PNS ini terjadi karena adanya rotasi atau perpindahan dalam satuan kerja atau antar satuan kerja tanpa adanya penurunan atau kenaikan pangkat.

Dalam hal ini mutasi PNS menurut peraturan BKN no 5 tahun 19, bahwa perindahan tugas PNS ini bisa dalam lokasi yang sama antar instansi pusat atau diluar instansi pusat, bisa di instansi daerah atau diluar instansi daerah, juga bisa dari instansi pusat berpindah ke instansi daerah dan sebaliknya dan bisa juga ke perwakilan di negara lainnya. Sehingga dapat disimpulkan secara jelas dibawah ini:

1. Mutasi PNS dalam satu INstansi Pusat atau Dalam Instansi Daerah tanpa harus pindah lokasi
2. Mutasi PNS yang berpindah lokasi antar kabupaten dalam satu provinsi
3. Mutasi PNS yang berpindah lokasi antar kabupaten atau Kota antara provinsi
4. Mutasi PNS yang berpindah lokasi dari Provinsi, kabupaten, kota berpindah ke Instansi Pusat atau sebaliknya dari Pusat pindah ke provinsi, kabupaten dan kota.
5. Mutasi PNS ke pewakilan NKRI di Luar Negeri.

Nah, adapun bagi PNS yang ingin mengajukan Mutasi bisa melengkapi beberap syarat yang harus dipersiapkan selanjutnya sebelum melakukan mutasi kerja.

Syarat Mutasi PNS

1. Seorang ASN yang sudah memiliki SK CPNS maupun PNS, jadi bagi yang CPNS harus bersabar menunggu
2. Memiliki Surat Anlisis Jabtan dan Analisis Beban Kerja Terhadap Jabatan PNS
3. Memberikan Surat Permohonan Pribadi dan Surat Permohonan dari Atasan yang menyetujui kepindahan seorang PNS.
4. Surat asal atau usul mutasi dari Instansi Penerima yang nantinya akan diduduki atau berpindah tugasnya
5. Surat pernyataan dari instansi asal bahwa yang bersangkutan tidak sedang menjalani hukuman
6. Memberikan Surat keputusan dalam pangkat/jabatan (SKP) terakhir. Jika sudah 3B harus menyertakan pangkat terakhir.
7. Memberikan Surat fotokopi penilaian prestasi kerja dengan nilai baik dalam 2 tahun terakhir
8. Fotokopi kartu pegawai
9. Surat keterangan bebas temua yang diterbitkan oleh instansi asal

Alasan Pindah yang paling tepat apa?

Sampai saat ini belum ada alasan yang paling tepat karena untuk mengajukan pindah itu banyak alasannya seperti seorang laki-laki yang notabene ingin menjaga orang tua yang lanjut usia, karena sakit, atau ingin mengikuti pasangan dan anak-anaknya atau alasan lain yang menguatkan anda untuk dapat pindah mutasi sesuai dengan yang anda inginkan saat ini.

Hal yang terbaik adalah dengan mengenali anda sendiri dan yakin bahwa tuhan pasti akan menolong sehingga mendapatkan alasan pindah yang kuat sehingga dapat mutasi dengan lebih mudah ke tempat yang anda idam-idamkan.

Advertisement
Alasan Pindah Kerja PNS yang Paling Tepat | admin | 4.5