Pos UM Ujian Madrasah 2021 MI, MTS, MA & MAK

Advertisement

Bingkaiberita.com – Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah tahun ini sesuai dengan tujuan pertimbangan bahwa kualitas peserta didik harus sesuai dengan pencapaian standar kompetensi lulusan yang bentuknya ujian madrasah dengan pelaksanaan di Akhir Jenjang pendidikan. Ujian Madrasah ini sebagai bentuk dasar dalam tolak ukur pencapaian standar kompentensi lulusan sebagai hasil dari pembelajaran yang dilakukan selama ini, Dengan stadarisai inilah, maka perlu adanya sebauh Prosedur Operasional Ujian Madrasah.

Prosedur Operasional Standar sesuai dengan keputusan dirjen pendidikan islam nomer 742 tahun 2021 sebagai pedoman dan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menyelenggarakan ujian madrasah sehingga sesuai dengan pencapaian standar kompetensi lulusan. Dan Surat edaran ini mulai berlaku sejak penetapan tanggalnya.

Dalam hal ini ujian madrasah sebagai bentuk dalam melakukan tahap evaluasi pembelajaran atau hasil belajar sehingga sesuai dengan indikator yang telah ditentukan oleh madrasah atas pencapaian kompetensi yang telah dilaksanakan, Selanjutnya madrasah juga mendapatkan timbal balik untuk memperbaiki proses pembelajaran kedepannya agar madrasah meningkat dari segi mutu dan kualitasnya kedepan. Dan ujian madrasah ini digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan untuk jenjang pendidikan mulai dari MI sampai dengan Madrasah Aliya dan kejuruan.

Syarat Mengikuti Ujian Madrasah Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Untuk mengikuti UM MI yang perlu anda diketahu bahwa pihak sekolah sudah melaporkan anak didik di aplikasi Emisi Sekolah sebagai Siswa pada tahun terakhir atau tingkat akhir yang sudah memiliki Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), dan selanjutnya mereka sudah mendapatkan nilai raport lengkap hasil penilaian belajar.

Syarat Mengikuti Ujian Madrasah Jenjang Madrasah Tsanawiayh (MTS)

UM MI yang perlu anda diketahu bahwa pihak sekolah sudah melaporkan anak didik di aplikasi Emisi Sekolah sebagai Siswa pada tahun terakhir atau tingkat akhir yang sudah memiliki Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), dan selanjutnya mereka sudah mendapatkan nilai raport lengkap hasil penilaian belajar.

Syarat Mengikuti Ujian Madrasah Jenjang Madrasah Aliyah dan kejuruan

UM MI yang perlu anda diketahu bahwa pihak sekolah sudah melaporkan anak didik di aplikasi Emisi Sekolah sebagai Siswa pada tahun terakhir atau tingkat akhir yang sudah memiliki Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), dan selanjutnya mereka sudah mendapatkan nilai raport lengkap hasil penilaian belajar.

Pendataan Peserta Ujian Madrasah

Pihak Sekolah harus melakukan pendataan peserta Ujian masuk terlebih dahulu, sehingga mereka dapat data atau daftar siapa saja yang akan ikut dalam pendataan tersebut. Setelah itu kepala sekolah akan menetapkan peserta Ujian masuk dengan urutan dan ketentuan sebagaimana telah diinformasikan

Prosedur Operasional Standar

1. Pelaksanaan Ujian madrasah ini dimulai dari raudathul Athfal sampai dengan Madrasah Aliyah.

2. Ujian Madrash ini sebagai salah satu capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada standard kompetensi lulusan

3. POS UM sebagai salah satu teknis yang wajib digunakan sebagai pedoman untuk seluruh madrasah

4. Kriteria lulusan mengacu pada Standard nasional Pendidikan

5. untuk pertimbangan dalam merencang soal harus mengacu pada Kisis-Kisi UM

6. Paket Naskah sesuai dengan perangkat tes, jumlah buitr soal dan penugasan.

7. Lembar dan baha Ujian madrasah ini sebagai sarana yang nantinya akan digunakan para peserta baik itu untuk menjawab soal

8. Kelompok Kerja madrasah dan Musyawarah Guru Mata Pelajar dan kelompok kerja guru sebagai suatu wadah dalam pengembangan keprofesian dan pembentukan soal yang dilakukan oleh tim guru matapelajaran dalam suatu wilayah

9. Untuk membedakan dan identitas peserta ujian maka pemerintah merilis nomor induk siswa nasional atau yang sering disebut dengan NISN.

Untuk selengkapnya anda bisa melihat POS UM 2021 dibawah ini:

 

 

Semoga dengan informasi singkat ini guru dan tenaga kependidikan bisa mengetahui petunjuk teknis dan langkah-langkah dalam penyusunan Pos UM Ujian Madrasah 2021

Advertisement
Pos UM Ujian Madrasah 2021 MI, MTS, MA & MAK | admin | 4.5